Herannya Mantan Pemain MU Ini Lihat Van de Beek Dikacangin

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 17 Mar 2021 19:35 WIB
Manchester Uniteds Donny van der Beek walks on the pitch during the English FA Cup 5th round soccer match between Manchester United and West Ham United at Old Trafford in Manchester, England, Tuesday, Feb. 9, 2021. (Martin Rickett/Pool via AP)
Donny van de Beek minim kesempatan bermain di Manchester United. (Foto: AP/Martin Rickett)
Jakarta -

Dibeli mahal-mahal, Donny van de Beek lebih banyak nganggurnya. Eks bek Manchester United Paul Parker heran pemain sebagus Van de Beek tak dimanfaatkan.

Donny van de Beek dibeli Manchester United pada awal musim ini seharga 35 juta paun. 'Setan Merah' memboyongnya usai terpikat dengan penampilan pemain 23 tahun itu bersama Ajax.

Dalam tiga musim terakhirnya bareng Ajax, Van de Beek konsisten. Ia membukukan 13 gol dan enam assist di 2017/2018, lalu membuat 17 gol dan 13 assist pada musim berikutnya, serta membikin 10 gol dan 11 assist di tahun terakhirnya bareng De Godenzonen.

Digadang-gadang jadi andalan baru, Van de Beek nyatanya malah lebih banyak menghiasi bangku cadangan. Musim ini ia tampil 26 kali dengan waktu bermain 1.053 menit, atau rata-rata hanya 40 menit 30 detik tiap kali bermain.

Mantan bek Manchester United Paul Parker menilai seharusnya Van de Beek bisa digunakan. Apalagi melihat MU kerap kali memainkan dua gelandang bertipe serupa, yakni Fred dan Scott McTominay, sebagai poros ganda.

"Kenapa sih United selalu bermain dengan dua gelandang yang tugasnya sama, hanya untuk merusak permainan lawan, seperti Fred dan Scott McTominay. Tentu salah satunya bisa ditepikan untuk seseorang yang bisa menjelajah lapangan, seperti Van de Beek," ungkap Paul Parker dalam kolomnya di Eurosport, seperti dikutip Metro.

"Dia bertenaga, lihai membaca situasi, dia beroperasi di sekitar kotak penalti lawan, dan dia gesit. Anda tak bisa bilang ke saya kalau itu bukan tipe pemain yang tak ingin Anda masukkan ke tim."

"Saya menyaksikan permainannya secara langsung untuk Ajax di tiga kesempatan dan terkesan. Jadi ya mengecewakan melihat dia belum diberikan kesempatan," ujarnya.

(raw/krs)