Firmino Ngaku Memang Lagi Jelek

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 16 Apr 2021 17:40 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - APRIL 14:  Roberto Firmino of Liverpool looks frustrated during the UEFA Champions League Quarter Final Second Leg match between Liverpool FC and Real Madrid at Anfield on April 14, 2021 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors.  (Photo by Shaun Botterill/Getty Images)
Roberto Firmino akui lagi tampil buruk musim ini (Getty Images/Shaun Botterill)
Liverpool -

Roberto Firmino mengakui betul kalau performanya lagi jelek. Dia bertekad memperbaikinya sesegera mungkin sambil membawa Liverpool finis empat besar.

Firmino tak lepas dari kritik musim ini ketika dia kesulitan tampil bagus. Diandalkan di lini serang, Firmino baru bikin enam gol dan tujuh assist dari 41 penampilan! Itu bukan statistik yang bagus untuk seorang pemain depan.

Memang Firmino tidak ditugaskan untuk jadi goal getter layaknya Mohamed Salah dan Sadio Mane. Tapi, persoalannya ketika Mane dan Firmino tampil jelek bersamaan, Salah dan Diogo Jota keteteran di lini serang.

Apalagi ketika Jota absen dua bulan lebih karena cedera lutut, hanya Salah tumpuan gol Liverpool. Wajar jika Liverpool dipastikan nirgelar musim ini setelah tersingkir dari Liga Champions dan kesulitan untuk masuk empat besar.

Bahkan Liverpool cuma membuat tiga gol di Anfield sepanjang tahun ini. Firmino pun sadar kalau performanya buruk dan pantas dikritik. Oleh karenanya, pemain Brasil bertekad memperbaikinya untuk kembali ke performa terbaiknya.

Musim terbaik Firmino bersama Liverpool adalah di 2017/2018 kala membuat 27 gol dan 17 assist, lalu menurun ke 16 gol dan 12 gol di dua musim terakhirnya.

"Musim yang sulit untuk saya. Kami harus tetap yakin bahwa tim ini akan membaik. Keinginan saya adalah terus berkembang setiap harinya. Saya tidak pernah kehilangan motivasi," ujar Firmino kepada ESPN Brasil.

"Saya selalu menantang diri saya sendiri. Saya tahu bahwa saya tidak dalam performa terbaik, seperti beberapa tahun lalu," sambungnya.

"Saya ingin membantu tim dengan gol-gol dan assist, tapi sayangnya itu tidak terjadi."

"Tapi, saya tidak menyerah. Saya selalu ingin membantu tim menjadi lebih baik, bersama-sama dengan para pemain. Saya harus berkembang setiap harinya," tutup Roberto Firmino.

(mrp/rin)