Gantikan Mourinho di Tottenham, Ryan Mason Pelatih Termuda di Liga Inggris

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 21 Apr 2021 02:30 WIB
HULL, ENGLAND - FEBRUARY 23: Former Hull City midfielder Ryan Mason who suffered a career ending head injury in January 2017 thanks the Hull City fans during the Sky Bet Championship match between Hull City and Sheffield United at KCOM Stadium on February 23, 2018 in Hull, England. (Photo by Ashley Allen/Getty Images)
Ryan Mason jadi pengganti Mourinho di Tottenham. Foto: Getty Images/Ashley Allen
London -

Ryan Mason ditunjuk sebagai caretaker Tottenham Hotspur. Pria 29 tahun itu menjadi pelatih termuda di Liga Inggris.

Mason diresmikan sebagai manajer baru Tottenham pada Selasa (20/4/2021) pagi waktu London. Ia naik jabatan, setelah sebelumnya bertugas sebagai kepala pengembangan pemain muda.

Mengutip Sky Sports, Mason dipilih menggantikan Jose Mourinho yang dipecat karena ia memiliki hubungan baik dengan para pemain senior Tottenham. Selain itu, kinerja di posisi sebelumnya juga dianggap baik.

Mason akan bertugas hingga akhir musim, dan kemudian Tottenham akan menunjuk manajer baru mulai musim depan. Saat ini, Mason tengah dalam proses mendapatkan UEFA Pro License, yang menjadi syarat seorang wajib pelatih klub Premier League.

Susunan staf yang akan membantu Mason juga sudah ada. Chris Powell dan Nigel Gibbs akan menjadi asisten. Ledley King, legenda Tottenham yang sempat bekerja sebagai asisten Mourinho, juga dipertahankan. Michel Vorm yang juga pernah bermain untuk Tottenham ditunjuk sebagai pelatih kiper.

Kini, Mason ditugaskan untuk membawa Tottenham meraih hasil positif di sisa musim. Ia akan langsung memimpin Harry Kane dkk pada laga terdekat, yakni melawan Southampton di Liga Inggris pada Kamis (22/4) dini hari WIB.

Setelahnya, ia akan berjuang membawa Tottenham memenangi final Piala Liga Inggris pada akhir pekan ini melawan Manchester City.

"Kami percaya dengan skuad ini, yang diisi para pemain berbakat. Kami punya satu laga final piala domestik dan enam laga sisa di Liga Inggris, dan kami akan memfokuskan seluruh energi kami agar bisa finis di posisi sebaik mungkin pada akhir musim," jelas pernyataan Chairman Tottenham, Daniel Levy.

Mason diketahui pernah membela Tottenham pada 2008-2016. Ia lalu pindah ke Hull City, namun mengalami cedera kepala serius usai berbenturan dengan Gary Cahill pada Januari 2017. Meski akhirnya pulih, ia memutuskan pensiun pada 2018 dan pulang ke Tottenham, bekerja sebagai staf pelatih.

(adp/bay)