Arsenal Minta Maaf ke Suporter, Akui Salah soal European Super League

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 21 Apr 2021 07:20 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 29: The Arsenal logo is seen on the LED screen prior to the Premier League match between Arsenal and Wolverhampton Wanderers at Emirates Stadium on November 29, 2020 in London, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Arsenal meminta maaf kepada suporter soal European Super League (Foto: Getty Images/Catherine Ivill)
London -

Arsenal meminta maaf kepada suporter usai menarik diri dari European Super League. Arsenal mengakui gabung European Super League adalah keputusan yang salah.

Pada Senin (19/4/2021) lalu, 12 klub top Eropa menggagas kompetisi baru bertajuk European Super League. Arsenal jadi salah satu dari enam tim Premier League yang ikut jadi pendiri.

Munculnya European Super League mengundang pro dan kontra. Penolakan keras datang dari berbagai pihak, salah satunya suporter.

Pada akhirnya, Arsenal dan lima klub Premier League lainnya menyatakan mundur dari European Super League. Arsenal pun kemudian menulis surat terbuka yang berisi permintaan maaf kepada suporter.

"Beberapa hari belakangan lagi-lagi telah menunjukkan dalamnya perasaan yang dimiliki suporter kami di seluruh dunia terhadap klub hebat ini dan permainan yang kita cintai," Arsenal menulis di situs resminya.

"Kami tak perlu diingatkan soal ini, tapi respons dari suporter dalam beberapa hari terakhir sudah memberi kami waktu untuk merenung dan berpikir dalam-dalam."

"Kami tak pernah berniat menyebabkan kesulitan seperti ini. Namun, ketika undangan untuk gabung Super League datang, sementara tahu tidak ada jaminan, kami tidak mau ketinggalan untuk memastikan kami melindungi Arsenal dan masa depannya."

"Hasil dari mendengarkan kalian dan komunitas sepakbola yang lebih luas selama beberapa hari terakhir, kami mundur dari Super League yang tengah diusulkan. Kami membuat kesalahan dan kami minta maaf."

Arsenal menyatakan bahwa mereka menerima undangan untuk gabung European Super League demi melindungi klub. Namun, menyusul banyaknya protes dan penolakan, Meriam London mengaku telah salah mengambil keputusan.

"Kami tahu akan butuh waktu untuk mengembalikan kepercayaan kalian pada apa yang sedang kami coba raih di sini di Arsenal, tapi biar kami jelaskan bahwa keputusan untuk jadi bagian dari Super League didorong oleh keinginan untuk melindungi Arsenal, klub yang kalian cintai, dan untuk mendukung permainan yang kalian cintai lewat solidaritas yang lebih besar dan stabilitas finansial," lanjut pernyataan Arsenal.

"Stabilitas penting agar permainan ini berhasil dan kami akan terus berjuang untuk membawa perlindungan yang dibutuhkan permainan ini untuk maju."

"Sistem perlu diperbaiki. Kita harus bekerja bersama untuk menemukan solusi yang melindungi masa depan permainan ini dan memanfaatkan kekuatan luar biasa yang dimiliki sepakbola untuk membuat kita tertarik."

"Akhirnya, kami tahu ini sangat meresahkan di akhir dari tahun yang sudah sangat sulit bagi kita semua."

"Tujuan kami adalah selalu membuat keputusan tepat untuk klub hebat ini, melindunginya untuk masa depan, dan membawa kita maju. Di sini kami memang tidak membuat keputusan yang tepat, kami terima itu."

"Kami sudah mendengar kalian."

(nds/adp)