ADVERTISEMENT

Henry & Shearer Jadi yang Perdana Masuk Premier League Hall of Fame

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 26 Apr 2021 18:10 WIB
18 Dec 2001:  Thierry Henry of Arsenal is held back by Alan Shearer of Newcastle as he argues with referee Graham Poll at the end of the FA Barclaycard Premiership match between Arsenal and Newcastle United at Highbury, London. DIGITAL IMAGE  Mandatory Credit: Phil Cole/ALLSPORT
Thierry Henry dan Alan Shearer, dua pemain pertama masuk Premier League Hall of Fame (Getty Images/Phil Cole)
London -

Premier League sudah punya Hall of Fame. Thierry Henry dan Alan Shearer jadi dua pemain pertama yang masuk ke dalam daftar tersebut.

Istliah Hall of Fame ini diperkenalkan pertama kalinya oleh Amerika Serikat. Jadi wajar ketika banyak olahraga asal Negara itu, seperti NBA, NHL, dan NFL, punya Hall of Fame.

Ketika pemain atau tim sudah masuk Hall of Fame, berarti mereka memang benar-benar berprestasi dan punya jasa besar dalam bidang olahraga. Nah, apa yang dilakukan oleh olahraga AS itu diikuti pula oleh Premier League.

Premier League untuk pertama kalinya memperkenalkan Premier League Hall of Fame Februari lalu. Kini mereka mendapuk dua bintang yang pertama masuk daftar tersebut, yakni Thierry Henry dan Alan Shearer.

Keduanya memang punya prestasi luar biasa di kompetisi ini. Henry meraih dua gelar Premier League bareng Arsenal dan empat kali jadi top scorer dengan total 175 gol dari 258 penampilan.



Sementara, Shearer adalah topscorer sepanjang masa dengan 260 gol dari 441 penampilan, yang sebagian besar golnya diraih bareng Newcastle United. Shearer juga pernah meraih gelar Premier League bareng Blackburn Rovers pada 1994/1995.

"Dua penyerang tengah ini diberkahi kemampuan alami dan talenta luar biasa. Mereka sudah menuliskan nama dalam sejarah Premier League," ujar pernyataan resmi Premier League.

Tidak hanya Henry dan Shearer, bakal ada enam nama bintang lainnya yang masuk ke daftar Hall of Fame tersebut. Sky Sports akan mengumumkan 23 nama kandidat yang nantinya dipilih oleh fans hingga tersaring menjadi enam, dengan syarat pemain tersebut sudah pensiun per Agustus 2020.

Nama-nama top seperti Wayne Rooney, Frank Lampard, Steven Gerrard, Roy Keane, Patrick Vieira, Ryan Giggs, dan Eric Cantona masuk dalam nominasi.

"Ketika Anda melihat beberapa nama top yang bersinar di Premier League, setiap pekannya, setiap tahunnya, saya merasa tersanjung bisa masuk Hall of Fame," ujar Shearer.

"Saya harus berterima kasih kepada seluruh rekan-rekan setim, sekaligus manajer dan pelatih yang pernah bekerja bareng. Saya memang ingin jadi pesepakbola profesional sejak kecil," sambungnya,

"Menjadi salah satu dari dua pemain pertama bersama Alan Shearer, yang masuk Premier League Hall of Fame, itu sangat spesial," timpal Henry.

(mrp/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT