MU Jangan Terus-terusan Andalkan Performa Babak Kedua

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Minggu, 09 Mei 2021 23:19 WIB
Manchester Uniteds Mason Greenwood, right, celebrates after scoring his sides second goal during the English Premier League soccer match between Aston Villa and Manchester United at Villa Park in Birmingham, England, Sunday, May 9, 2021. (Shaun Botterill/Pool via AP)
Manchester United menang 3-1 atas Aston Villa dalam lanjutan Premier League (Foto: AP/Shaun Botterill)
Birmingham -

Manchester United lagi-lagi membalikkan keadaan untuk mengalahkan lawannya, kali ini atas Aston Villa. Luke Shaw menilai MU harus lekas memperbaiki startnya.

MU tandang ke markas Aston Villa dalam lanjutan Premier League. Laga Villa vs MU di Villa Park, Minggu (9/5/2021) malam WIB itu, berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Setan Merah.

Meski menang, MU sempat kebobolan lebih dulu. Bertrand Traore membawa Villa unggul pada menit ke-24. Skor 1-0 untuk keunggulan Villa bertahan hingga babak pertama usai.

MU baru bangkit di paruh kedua. Eksekusi penalti Bruno Fernandes pada menit ke-51 mengawali aliran gol tim tamu.

Enam menit usai gol Fernandes, Mason Greenwood menjebol gawang Villa untuk membawa MU berbalik unggul. Gol Edinson Cavani pada menit ke-87 kemudian memantapkan kemenangan MU.

Kemenangan tersebut menegaskan predikat MU sebagai 'raja comeback'. Tim arahan Ole Gunner Solskjaer itu sudah 10 kali menang dari posisi tertinggal lebih dulu di Premier League musim ini. Menurut Opta, angka tersebut jadi rekor oleh sebuah tim dalam semusim di sepanjang sejarah kompetisi.

Meski timnya menang, bek Manchester United Luke Shaw tetap melontarkan kritik. Menurutnya, MU harus mulai belajar mengawali laga dengan lebih baik agar tak terus-terusan mengandalkan kebangkitan di babak kedua.

"Tertinggal 0-1 di babak pertama, kami tahu ini akan jadi pertandingan sulit dan kami sudah pernah ada di situasi ini berkali-kali. Babak kedua kami bangkit jauh lebih baik," ujar Shaw kepada Sky Sports.

"Itu positif, tapi kami harus memulai babak pertama dengan lebih baik daripada biasanya. Mungkin kami tidak siap untuk pertandingan tapi kami punya kualitas dan tidak boleh terus mengandalkan performa babak kedua."

"Dia (Solskjaer) mengatakan persis apa yang baru saja saya katakan, kami sudah sering ada di situasi ini, kami punya kualitas, tim yang fit, dan selalu percaya. Ketika kami mencetak gol pertama, saya merasa kami akan menang," katanya.

Berkat kemenangan atas Aston Villa, Manchester United menunda pesta juara Manchester City. MU masih menempati peringkat kedua klasemen Liga Inggris dengan 70 poin dari 34 laga, tertinggal 10 angka dari City.

(nds/ran)