'Big Sam' Allardyce Akhirnya Terdegradasi Juga

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 10 Mei 2021 18:00 WIB
West Bromwich Albions manager Sam Allardyce reacts during the English Premier League soccer match between Arsenal and West Bromwich Albion at the Emirates Stadium in London, England, Sunday, May 9, 2021. (Andy Rain/ Pool via AP)
Sam Allardyce akhirnya terdegradasi juga dari Premier League (AP/Andy Rain)
London -

Sam Allardyce sempat belum pernah merasakan degradasi selama kariernya. Catatan itu berakhir setelah West Bromwich Albion turun kasta musim depan.

Kepastian West Brom asuhan Allardyce degradasi adalah setelah kalah 1-3 dari Arsenal di Emirates Stadium, Senin (10/5/2021) dini hari WIB tadi. WBA sempat memperkecil kedudukan di awal babak kedua lewat Matheus Pereira setelah tertinggal dua gol di babak pertama.

Tapi, West Brom tak bisa menghindari lagi dari kekalahan usai Willian memastikan kemenangan lewat golnya di pengujung laga. WBA pun tertahan di posisi ke-19 dan dipastikan degradasi karena cuma mengumpulkan 26 poin.

West Brom tak lagi bisa mengejar Burnley dengan 36 poin di posisi ke-17 alias zona aman, karena berselisih 10 poin dan cuma menyisakan tiga pertandingan lagi. The Baggies turun divisi juga setelah promosi musim lalu bersama Slaven Bilic. West Brom memang dikenal sebagai klub yoyo karena kerap bolak-balik Premier League.

Sejak pertama kali promosi pada 2001/2002, West Brom sudah lebih dari tiga kali degradasi dan sempat bertahan lama di Premier League yakni selama delapan tahun, sedari 2011 hingga 2018.

Terdegradasinya West Bromwich Albion juga merusak catatan menarik Sam Allardyce sebagai manajer. Pria berusia 66 tahun yang dijuluki Big Sam akhirnya merasa juga degradasi dari Premier League untuk pertama kalinya.

Dicatat Squawka, Allardyce sebelum degradasi sudah melewati 534 pertandingan dan 17 musim berbeda. Allardyce sebelum ini menangani Bolton Wanderers, Newcastle United, Blackburn Rovers. West Ham United, Sunderland, Crystal Palace, dan Everton.



"Saya tidak bisa berkata apapun. Kami harus menerima bahwa kami tidak cukup bagus sepanjang malam ini dan tentunya musim ini," ujar Sam Allardyce seperti dikutip Daily Mail.

"Saya maunya kalau degradasi itu di pekan terakhir, tapi tidak terjadi," sambungnya.

(mrp/adp)