Eks Pemain City Sanjung Guardiola sebagai Ahli Strategi

Lucas Aditya - Sepakbola
Rabu, 12 Mei 2021 15:10 WIB
Manchester Citys head coach Pep Guardiola celebrates with goal scorer Manchester Citys Phil Foden during the Champions League quarterfinal second leg soccer match between Borussia Dortmund and Manchester City at the Signal Iduna Park stadium in Dortmund, Germany, Wednesday, April 14, 2021. (AP Photo/Martin Meissner, Pool)
Usai membawa Manchester City juara Liga Inggris 2020/2021, Pep Guardiola disanjung sebagai ahli strategi. (Foto: AP/Martin Meissner)
Jakarta -

Manchester City sudah berhasil mengunci gelar juara Liga Inggris. Pep Guardiola pun disanjung sebagai ahlinya strategi.

City resmi menjadi juara Liga Inggris 2020/2021 setelah Manchester United tumbang dari Leicester City. Dalam pertandingan di Old Trafford, Rabu (12/5/2021) dini hari WIB, MU kalah 1-2.

Dengan begitu, raihan angka City tak bisa dikejar MU dengan 3 laga tersisa. The Citizens mengumpulkan 80 poin, berjarak 10 angka dari Setan Merah.

Di musim ini, City mengalami beberapa situasi sulit. Mereka pernah dihajar Leicester 2-5 di Liga Inggris pada 27 September 2020.

Selain itu, krisis lini depan juga dialami City. Gangguan cedera yang menerpa Sergio Aguero dan Raheem Sterling bisa dilalui dengan mulus.

Guardiola mampu menjadikan pemain seperti Ferran Torres dan Kevin De Bruyne menjadi false 9. Oleh karena itu, eks gelandang City, Michael Brown, tak ragu menyebut Guardiola sebagai ahli strategi.

"Ini luar biasa untuk para suporter. Mereka akan sangat senang. Kami mempunyai masa sulit, tapi untuk akhirnya bisa melakukan perayaan sungguh brilian," kata Brown di BBC.

"Dan untuk memberi pujian ke Pep Guardiola...dia menemukan cara lain untuk menang dan cara lain untuk mencatatkan clean sheet."

"Dia memang jago dan kita selalu memujinya karena cara menyerang, tapi musim ini mereka sudah bermain tanpa striker," kata dia menambahkan.

Bersama Guardiola di musim ini, Man City sudah meraih dua trofi. Selain gelar juara Liga Inggris, mereka juga sudah menyandang status kampiun Piala Liga Inggris.

(cas/krs)