4 Tim yang Ungguli Man City dalam Koleksi Titel Liga Inggris

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 12 Mei 2021 20:10 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - MAY 06:  The Premier League Trophy on display prior to the Premier League match between Manchester City and Huddersfield Town at Etihad Stadium on May 6, 2018 in Manchester, England.  (Photo by Michael Regan/Getty Images)
4 Tim yang Ungguli Man City dalam Koleksi Titel Liga Inggris. Foto: Michael Regan / Getty Images
Jakarta -

Manchester City baru saja menjuarai Premier League musim ini, menambah jumlah titelnya di Liga Inggris. Ada empat tim yang kini lebih banyak juara ketimbang Man City.

Man City dipastikan juara Premier League 2020/2021 seiring kekalahan dari Manchester United, rival sekota sekaligus tim terdekat dengan the Citizens di papan klasemen Liga Inggris.

Man United, yang menghadapi jadwal super-padat sepanjang pekan ini, tunduk 1-2 ketika menjamu Leicester City. Hasil itu otomatis membuat tak ada lagi tim yang bisa mengejar Man City di sisa musim.

Dengan demikian, Man City berhak atas predikat juara Premier League musim ini. Buat skuad Pep Guardiola itu, ini adalah titel ketiga City di Premier League dalam empat musim terakhir -- cuma diselingi Liverpool musim lalu.

In juga merupakan kali kelima Manchester City menjadi kampiun di era Premier League. Sementara secara keseluruhan, termasuk sebelum era Premier League, the Citizens sudah tujuh kali juara Liga Inggris.

Jumlah tujuh titel tersebut membuat Man City kini sejajar dengan Aston Villa dalam daftar peraih titel Liga Inggris terbanyak dalam sejarah kasta teratas ajang tersebut. Cuma ada empat tim yang punya gelar juara lebih banyak.

Banner Man City Juara

Everton menjadi tim rival terdekat dari Manchester City, dengan koleksi sembilan titel Liga Inggris. Setelah itu ada Arsenal yang sudah 13 kali meraih gelar juara.

Berikutnya ada dua raksasa Inggris yakni Liverpool dan Manchester United. Sejauh ini Liverpool sudah meraih 19 titel Liga Inggris, kalah banyak satu gelar dari Man United yang sudah punya 20 titel.

Daftar tim paling banyak juara Liga Inggris:

1. Manchester United
20 gelar
16 runner-up

2. Liverpool
19 gelar
14 runner-up

3. Arsenal
13 gelar
9 runner-up

4. Everton
9 gelar
7 runner-up

5. Aston Villa dan Man City
7 gelar
10 runner-up (Villa) dan 6 runner-up (City)

(krs/raw)