Dua 'Final' dalam Empat Hari, Chelsea Siap Gak?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 15 Mei 2021 02:05 WIB
LONDON, ENGLAND - MAY 12: Thiago Silva of Chelsea leads his side out prior to the Premier League match between Chelsea and Arsenal at Stamford Bridge on May 12, 2021 in London, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Chelsea bersiap hadapi dua "final" dalam kurun empat hari (Getty Images/Catherine Ivill)
London -

Kurang dari sepekan, Chelsea akan menghadapi Leicester City dua kali. Laga-laga itu sangat penting untuk menentukan akhir perjalanan The Blues musim ini.

Chelsea dan Leicester akan lebih dulu berjibaku pada laga final Piala FA di Wembley, Sabtu (15/4/2021) malam WIB nanti. Ini jadi pertaruhan pertama Chelsea yang bertekad meraih dua gelar, selain Liga Champions tentunya.

Chelsea jelas diunggulkan karena lebih berpengalaman dalam melakoni partai puncak. Ini adalah final ke-15 Chelsea di Piala FA, hanya kalah dari Arsenal (21x) dan Manchester United (20).

Apalagi mereka juga sudah delapan kali memenanginya, terbanyak ketiga setelah Arsenal dan MU. Leicester bahkan baru pertama kalinya menjejak partai final Piala FA lagi setelah terakhir pada 1969.

Melihat performa Chelsea setelah dipegang Thomas Tuchel, maka jelas mereka diunggulkan untuk bisa menang. Tapi, Tuchel sudah mewanti-wanti anak asuhnya untuk fokus penuh menghadapi dua laga final dalam selang empat hari.

Sebab kemenangan di final Piala FA akan sama pentingnya seperti tiga poin saat menjamu Leicester di Stamford Bridge, Rabu (19/5/2021) dini hari WIB besok. Kekalahan 0-1 dari Arsenal menghambat laju Chelsea di empat besar.

Chelsea kini tertahan di posisi keempat klasemen dengan 64 poin dari 36 laga, selisih dua poin dari Leicester di posisi ketiga dan unggul empat poin dari Liverpool di posisi kelima, yang punya satu laga simpanan.

Jika Liverpool mampu mengalahkan West Bromwich Albion akhir pekan ini, maka selisih terpangkas menjadi satu poin dengan dua laga tersisa. Maka dari itu, final Liga Champions bisa ditepikan sementara waktu, demi fokus menuntaskan dua "final" pertama ini.

"Ada dua final dan kami tidak memikirkan lainnya," ujar Tuchel di BBC Sport.

"Final Piala FA dan juga final untuk perebutan empat besar," sambungnya.

(mrp/ran)