Dear Phillips, Enak Cetak Gol atau Sapu Bola di Garis Gawang?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 20 Mei 2021 08:20 WIB
Liverpools Nathaniel Phillips, right, celebrates with Liverpools Roberto Firmino after scoring his sides second goal during the English Premier League soccer match between Burnley and Liverpool at Turf Moor in Burnley, England, Wednesday May 19, 2021. (Gareth Copley/Pool via AP)
Nathaniel Phillips tak cuma bikin gol, tapi menggagalkan peluang Burnley juga (AP/Gareth Copley)
Burnley -

Nathaniel Phillips tak cuma bikin gol saat Liverpool membekuk Burnley 3-0. Tapi, Phillips berandil untuk menggagalkan peluang emas The Clarets. Seperti apa?

Phillips jadi andalan lagi di lini belakang Liverpool bareng Rhys Williams saat menyambangi Turf Moor, Kamis (20/5/2021) dini hari WIB, menghadapi Burnley. Tiga poin wajib diraih demi menjaga kans finis empat besar.

Liverpool disulitkan Burnley sedari menit awal dan Phillips harus berjibaku mengamankan pertahanan dari serbuan Chris Wood dkk. Beberapa kali Phillips melakukan blok atau sapuan di lini belakang.

Beruntung Liverpool mampu unggul duluan di menit ke-43 lewat Roberto Firmino. Phillips ikut mencatatkan namanya di papan skor saat menanduk bola umpan silang Sadio Mane yang mengubah skor jadi 2-0.

Ini adalah gol pertama Phillips selama karier profesionalnya di lapangan hijau dan didapat di penampilan ke-20 bersama Liverpool di seluruh kompetisi. Liverpool memastikan kemenangan 3-0 lewat gol Alex-Oxlade Chamberlain di menit ke-88 dan naik ke posisi keempat dengan 66 poin, unggul selisih gol atas Leicester City di posisi kelima.

"Seperti yang Anda bilang, ini kemenangan yang penting, luar biasa. Kami masuk empat besar -- itulah misi kami hari ini. Sisanya hanyalah bonus. Di saat-saat krusial seperti ini, Anda harus bisa menang bagaimanapun caranya. Selama kami mendapat tiga poin, maka itu tidak masalah," ujar Phillips seperti dikutip situs resmi klub.

[Gambas:Opta]

Phillips tak cuma berhasil mencetak gol, tapi dia juga mampu menghalau peluang emas Burnley di menit ke-68. Dari situasi sepak pojok, bola sundulan Ben Mee sepertinya bakal jadi gol, sebelum Phillips dengan cepat menghalaunya di garis gawang.

Jika saja itu jadi gol, maka akhir ceritanya bisa saja berbeda. Kira-kira, lebih enak mana, bikin gol atau menyapu bola, Nathaniel Phillips?

"Tentu saja menyapu bola di garis gawang - itu sudah pasti! Itu adalah tugas saya untuk mencegah bola masuk ke gawang, menghentikan gol lawan. Senang juga sih bisa mencetak gol, itu bonuslah. Saya sih lebih suka clean sheet," sambung bek berusia 24 tahun itu.

(mrp/adp)