Wow! Phil Foden Dianggap Mirip Lionel Messi

Bayu Baskoro - Sepakbola
Jumat, 21 Mei 2021 06:00 WIB
LONDON, ENGLAND - JANUARY 03: Phil Foden of Manchester City celebrates after scoring their sides second goal as Edouard Mendy of Chelsea looks dejected during the Premier League match between Chelsea and Manchester City at Stamford Bridge on January 03, 2021 in London, England. The match will be played without fans, behind closed doors as a Covid-19 precaution. (Photo by Andy Rain - Pool/Getty Images)
Phil Foden disama-samakan dengan Lionel Messi. (Foto: Getty Images/Pool)
Manchester -

Phil Foden tampil gemilang bersama Manchester City di musim ini. Bintang muda The Citizens itu bahkan disamakan dengan kapten Barcelona, Lionel Messi.

Foden menjadi bintang muda paling bersinar di Inggris saat ini. Pemain 20 tahun itu menorehkan 15 gol dan 10 assist dalam 48 penampilan, atau total terlibat dalam 25 gol Man City di musim ini.

Dalam catatan Transfermarkt, Foden cuma kalah dari Raheem Sterling dan Kevin De Bruyne untuk urusan terlibat dalam gol Man City. Sterling sejauh ini membukukan 14 gol dan 11 assist, sementara De Bruyne 9 gol dan 17 assist.

Phil Foden sukses membawa Manchester City menjadi kampiun Premier League dan Piala Liga Inggris musim ini. Dia bahkan berpotensi mengantarkan The Sky Blues meraih titel Eropa, mengingat Man City telah lolos ke babak final Liga Champions 2020/2021.

Performa mentereng Phil Foden di Man City mendapat apresiasi dari legenda Timnas Belanda, Ruud Gullit. Eks pemain AC Milan dan Chelsea itu menilai Foden sebagai calon superstar global di masa depan.

Tidak hanya itu, Gullit bahkan tak ragu menyandingkan Foden dengan salah satu pemain terbaik dunia saat ini, Lionel Messi. Keduanya dianggap luar biasa di lapangan, meski memiliki postur tubuh yang kecil.

"Dulu hanya pemain besar, kuat dan cepat yang selalu dipilih klub-klub Inggris. Namun sekarang saya rasa pemain yang kecil, gesit dan teknis mendapat kepercayaan lebih," kata Gullit, dikutip dari Give Me Sports.

"Dia tidak persis seperti Messi sebagai pemain - tak ada yang menyerupainya - tapi dengan perawakannya, tinggi badannya, kecepatannya - mereka mirip banget," sambungnya

"Dia adalah pemain yang luar biasa dan saya senang melihatnya," demikian kata Ruud Gullit mengenai Phil Foden.

(bay/adp)