Aston Villa Vs Chelsea: The Blues Keok 1-2, tapi Tetap Finis 4 Besar

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 24 Mei 2021 00:11 WIB
BIRMINGHAM, ENGLAND - MAY 23: Cesar Azpilicueta of Chelsea looks dejected after a missed chance during the Premier League match between Aston Villa and Chelsea at Villa Park on May 23, 2021 in Birmingham, England. A limited number of fans will be allowed into Premier League stadiums as Coronavirus restrictions begin to ease in the UK. (Photo by Clive Mason/Getty Images)
Foto: Clive Mason/Getty Images
Birmingham -

Laga Aston Villa vs Chelsea di pekan terakhir Liga Inggris tuntas. The Blues kalah 1-2, namun tetap memastikan posisi empat besar dan lolos ke Liga Champions musim depan.

Bermain di Villa Park, Birmingham, Inggris, Minggu (23/5/2021), Chelsea sebenarnya butuh kemenangan guna menjaga posisi empat besar. Namun, laga berjalan sulit bagi Si Biru.

Chelsea malah kalah 1-2, usai gawangnya dibobol Bertrand Traore dan Anwar El-Ghazi, yang cuma dibalas Ben Chilwell. Skor 1-2 bertahan hingga laga bubar.

Hasil itu membuat Chelsea mengoleksi 67 poin di akhir musim, dan mengunci posisi empat klasemen Liga Inggris. Sementara Leicester City harus turun ke posisi lima dengan 66 poin, karena secara dramatis kalah 2-4 dari Tottenham Hotspur di King Power Stadium.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Butuh kemenangan, Chelsea menekan Villa sejak menit pertama. Namun, pertahanan tuan rumah cukup rapat. Sejak menit kedua, Mason Mount dkk banyak mengancam gawang Villa. Namun, beberapa upayanya masih melenceng.

Di menit ke-11, percobaan dilakukan Timo Werner. Menyambut umpan Cesar Azpilicueta, striker Jerman itu gagal mengarahkan bola tepat ke arah gawang lawan.

Villa baru bisa mengancam di menit ke-16. Traore meleoaskan tembakan dari sisi kanan kotak penalti, namun bolanya bisa diredam Edouard Mendy.

Chelsea kembali menekan memasuki menit ke-20, Werner kembali melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun lagi-lagi bisa diredam.

Chelsea kemudian mengacam lewat Christian Pulisic dan Mount, namun lagi-lagi tak berbuah gol.

Chelsea mulai kehilangan kreasi memasuki menit ke-30. Tak ada ancaman berarti dilepaskan. Sampai akhirnya, gawanya malah kebobolan.

Di menit ke-43, Traore bisa memaksimalkan umpan Matt Target dari sepak pojok. Tanpa pengawalan berarti di kotak penalti, ia bisa meneruskan bolanya ke gawang Chelsea. Skor 1-0 bertahan hingga laga jeda.

Di awal babak kedua, Chelsea langsung menggebrak guna mengejar ketertinggalannya. Peluang emas diciptakan.

Kerja sama Mount dan Werner menghasilkan umpan tarik ke tengah, dan bisa disambut Pulisic. Winger asal Amerika Serikat itu bisa meneruskannya, namun bolanya bisa diblok Matt Targett.

Namun apes bagi Chelsea, gawangnya malah kembali bobol di menit ke-53. Villa mendapat penalti, usai Traore dilanggar Jorginho. Anwar El-Ghazi pun bisa menaklukkan Kepa Arrizabalaga.

Situasi kian sulit bagi Chelsea, sebab di saat bersamaan, Leicester dan Tottenham justru bisa unggul atas lawannya masing-masing. Dengan kondisi itu, maka Chelsea berada di posisi lima klasemen dan bakal gagal ke Liga Champions.

Chelsea pun tersentak, coba menyerang lagi Aston Villa. Pada menit ke-60, gol sempat dicetak Azpilicueta, namun dianulir VAR karena sudah offside.

Tekanan dilanjutkan Chelsea, dan akhirnya gol lahir dari kaki Chilwell di menit ke-70. Meneruskan umpan tarik Mount, sepakan Chilwell bisa ditepis Emi Martinez, namun rupanya sudah melewati garis gawang. Skor menjadi 1-2.

Situasi itu masih membuat Chelsea tak mampu mengamankan posisi empat besar, sebab Leicester dan Liverpool masih dalam situasi unggul. Sampai kemudian, angin segar datang ketika Leicester ketinggalan 2-3 dari Tottenham Hotspur, yang membuat Chelsea bisa kembali ke empat besar karena poinnya tetap unggul atas Leicester (67 poin berbanding 66 poin

Namun, kekhawatiran datang lagi di menit ke-89, saat Cesar Azpilicueta diusir wasit. Kapten Chelsea itu ketahuan menyikut Jack Grealish usai dilanggar, yang membuatnya dikartu merah langsung.

Sampai laga bubar, skor 1-2 tetap bertahan. Chelsea pun dipastikan finis di empat besar dan lolos ke Liga Champions, sebab Leicester pada akhirnya kalah 2-4 dari The Lilywhites. Chelsea akhirnya mengoleksi 67 poin di posisi empat, unggul satu poin dari Leicester. Adapun Aston Villa finis di peringkat 11 dengan 55 poin.

Susunan Pemain

Aston Villa: Emiliano Martinez, Ezri Konsa, Kortney Hause, Tyrone Mings, Matt Targett, John McGinn, Marvelous Nakamba, Bertrand Traore (Carney Chikwuemeka 73'), Jack Grealish, Anwar El-Ghazi (Jacob Ramsey 79'), Ollie Watkins

Chelsea: Edouard Mendy (Kepa Arrizabalaga 46'), Antonio Ruediger, Thiago Silva, Reece James, Ben Chilwell, Jorginho (Hakim Ziyech 60'), Mateo Kovacic (Kai Havertz 66'), Cesar Azpilicueta, Christian Pulisic, Mason Mount

(yna/pur)