Ini Postingan David De Gea Usai Jadi Bulan-bulanan Kritikan

Kris Fathoni W - Sepakbola
Jumat, 28 Mei 2021 12:30 WIB
Manchester Uniteds goalkeeper David de Gea, right, its consoled by Victor Lindelof after de Gea missed a penalty giving victory to Villarreal during the Europa League final soccer match between Manchester United and Villarreal in Gdansk, Poland, Wednesday May 26, 2021. (Aleksandra Szmigiel, Pool via AP)
Ini Postingan David De Gea Begini Usai Jadi Bulan-bulanan Kritikan. Foto: AP/Aleksandra Szmigiel
Jakarta -

Kiper Manchester United David De Gea jadi bulan-bulanan kritikan usai final Liga Europa. Lewat postingan di media sosial, ia pun akhirnya buka suara.

De Gea dipercaya Ole Gunnar Solskjaer untuk mengawal gawang Man United saat menghadapi Villarreal dalam partai final Liga Europa di Gdansk, Kamis (27/5/2021) dini hari WIB.

Di laga final tersebut, the Red Devils harus rela dikalahkan si Kapal Selam Kuning. Di waktu normal, kedua tim bermain 1-1 sehingga harus adu penalti. Dalam adu tos-tosan, Man United kalah 10-11 usai De Gea gagal menuntaskan tugas sebagai algojo.

Sekalipun drama adu penalti senantiasa menempatkan kiper di posisi yang sulit, penampilan David De Gea di bawah mistar gawang Manchester United tetap menuai banyak sorotan. Salah satunya adalah ia dianggap kurang memperlihatkan determinasi dalam usaha membendung tendangan eksekutor lawan.

Selain itu, ada pula yang menyoroti buruknya rekam jejak David De Gea di babak adu penalti. Maka ada yang menyebut bahwa karena kiper asal Spanyol itu seharusnya tidak dimainkan di sebuah laga yang berpotensi tuntas dengan adu penalti.

Menghadapi banyaknya sorotan dan kritikan tersebut, David De Gea akhirnya buka suara walaupun ia baru melakukannya lewat sebuah postingan di media sosial. Postingan itu memperlihatkan dirinya dirangkul Sir Alex Ferguson, eks manajer legendaris Man United.

"Untuk terpuruk dan kemudian bangkit. Belajar dari pengalaman, berjuang lagi, dan menang. Terima kasih atas dukungan kalian," tulisnya dalam caption postingan itu.




Masa depan David De Gea di Manchester United saat ini juga diselimuti spekulasi. Ole Gunnar Solksjaer diyakini akan melepasnya, dengan posisi kiper utama di skuad Setan Merah saat ini juga sudah disandang oleh Dean Henderson.

(krs/aff)