Emile Smith Rowe Jadi Pemilik Baru Nomor 10 di Arsenal

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 23 Jul 2021 02:00 WIB
Emile Smith Rowe.
Emile Smith Rowe, kini jadi pemilik nomor 10 di Arsenal. Foto: Dok. Arsenal
London -

Emile Smith Rowe resmi memperpanjang kontraknya bersama Arsenal. Ia juga diberikan nomor punggung 10, yang dulunya dipakai Mesut Oezil.

Dilaporkan reporter The Guardian Fabrizio Romano, Smith Rowe akan berseragam Arsenal hingga Juni 2026. Sejak musim lalu, ia memang mulai menjadi andalan manajer The Gunners, Mikel Arteta.

Berposisi utama sebagai gelandang serang, Smith Rowe tampil sebanyak 20 kali di Liga Inggris, mengemas dua gol dan empat assist. Jumlah penampilannya sekilas terlihat tak banyak, namun ia memang absen di 14 pekan pertama.

Setelah diberi kesempatan tampil di pekan ke-15 melawan Chelsea (menang 3-1) pada Desember lalu, sejak saat itulah peran Smith Rowe nyaris tak tergantikan. Dari 20 penampilan itu, ia menjadi starter sebanyak 18 kali.

Tak heran bila Arsenal berani mengikat pemain kelahiran 2000 itu dengan kontrak jangka panjang, plus nomor punggung yang istimewa. Harapannya tentu Smith Rowe bisa membantu mengangkat Arsenal kembali ke papan atas Liga Inggris, setelah cuma finis di urutan delapan musim lalu.

"Ini adalah langkah penting bagi kami, dan kami senang Emile menandatangani kontrak jangka panjang bersama kami," ujar Direktur Teknik Arsenal, Edu, seperti dikutip situs resmi klub.



"Senang melihat pemain muda berkembang lewat sistem akademi kami, dan menjadi bagian penting di skuad utama. Emile adalah pemain yang merepresentasikan masa depan klub ini dan itulah alasan kami memberinya nomor punggung 10."

"Kami percaya pada Emile dan tahu dia punya potensi untuk menjadi pemain hebat di tahun-tahun yang akan datang," jelasnya.

Smith Rowe memang didikan akademi Arsenal, bergabung sejak usia 10 tahun. Dalam perjalanannya menembus skuad utama The Gunners, ia sempat dipinjamkan ke RB Leipzig dan Huddersfield Town untuk menambah jam terbang.

(adp/ran)