Jadon Sancho, Nomor 25 di MU, dan Kisah Ivan Zamorano

Kris Fathoni W - Sepakbola
Sabtu, 24 Jul 2021 19:41 WIB
Jadon Sancho resmi menjadi pemain MU.
Jadon Sancho, Nomor 25 di MU, dan Kisah Ivan Zamorano. Foto: Twitter @manutd
Jakarta -

Jadon Sancho sudah resmi diumumkan sebagai pemain baru Manchester United. Winger 25 tahun itu memilih nomor punggung 25 di klub barunya tersebut.

Pada awalnya, Sancho digadang-gadang bakal memakai nomor punggung nomor 7 Setan Merah. Apalagi Sancho pun pakai nomor 7 di Borussia Dortmund, klub sebelumnya.

Selain itu, nomor keramat itu pula yang pernah dipakai oleh sejumlah legenda Manchester United seperti Cristiano Ronaldo, David Beckham, dan Eric Cantona.

Namun, nomor punggung itu sendiri saat ini masih jadi milik Edinson Cavani. Ketahuan pula bahwa Sancho, setelah menuntaskan transfernya ke Man United, akan memakai nomor punggung 25. Pengumuman tersebut sekaligus menggugurkan rumor sebelumnya, bahwa Jadon Sancho akan memakai nomor punggung 16 di Manchester United.

Pilihan Jadon Sancho itu pun cukup bikin penasaran. Bukan apa-apa, di antara dua opsi itu sebenarnya nomor 16 lebih 'menggoda' karena dulunya pernah dipakai tulang punggung Manchester United macam Roy Keane dan Michael Carrick. Sedangkan nomor 25, yang antara lain pernah dipakai Antonio Valencia, Quinton Fortune, dan Jordi Cruyff, relatif kalah mentereng.

Sehubungan dengan itu, banyak yang berspekulasi bahwa untuk Jadon Sancho pada dasarnya nomor 16 atau 25 sama saja. Itu karena 1 tambah 6 (1+6) dan 2 tambah 5 (2+5) sama-sama 7. Dugaannya, Sancho kelak akan memakai nomor 7 yang 'asli'. Tapi karena kini nomor itu masih punya Cavani, jadilah winger 21 tahun itu mesti sedikit berkompromi menyiasati.

Dugaan itu sendiri muncul akibat sesuatu yang terjadi di masa lalu. Secara spesifik, sesuatu yang pernah dilakukan oleh legenda Chile Ivan Zamorano semasa di Inter Milan.

Pada awalnya, Ivan Zamorano sebagai salah satu andalan lini depan memakai jersey nomor 9. Tapi kedatangan Roberto Baggio pada tahun 1998 bikin Zamorano mesti merelakan nomor punggung yang sebelumnya ia pakai.

Saat itu Baggio diserahi nomor 10, yang sebelumnya dikenakan Ronaldo di Inter. Nah, Ronaldo sendiri kemudian beralih jadi pakai nomor 9, yang sebelumnya dipakai Zamorano. Akhirnya, Zamorano pun memilih nomor 18. Bukan sekadar 18 yang biasa-biasa saja, tapi nomor 1+8 seperti tertulis di jersey-nya.

Buat Zamorano dulu, 1+8 = 9. Tampaknya untuk Sancho kini, 2+5 = 7.

MILAN, ITALY - MAY 03:  L-R Ivan Zamorano, Walter Zenga and Ruben Sosa Ardaiz, former players of Internazionale Milano, receive a tribute before the Serie A match between FC Internazionale Milano and AC Chievo Verona at Stadio Giuseppe Meazza on May 3, 2015 in Milan, Italy.  (Photo by Tullio M. Puglia/Getty Images)Legenda Inter Ivan Zamorano, Walter Zenga, dan Ruben Sosa Ardaiz saat menerima tribute di tahun 2015. Foto: Getty Images/Tullio M. Puglia




(krs/cas)