Kronologi Rinci Transfer Ronaldo ke MU, Selesai dalam Sehari!

ADVERTISEMENT

Kronologi Rinci Transfer Ronaldo ke MU, Selesai dalam Sehari!

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 28 Agu 2021 09:20 WIB
MANCHESTER, UNITED KINGDOM - NOVEMBER 15:  Cristiano Ronaldo of Manchester United in action during the Barclays Premier League match between Manchester United and Stoke City at Old Trafford on November 15, 2008 in Manchester, England.  (Photo by Alex Livesey/Getty Images)
Ronaldo pernah berseragam MU pada 2003-2009, dan kini kembali. Foto: Alex Livesey/Getty Images
Manchester -

Manchester United melakukan pergerakan cepat untuk mengamankan jasa Cristiano Ronaldo. Setan Merah hanya butuh 24 jam untuk memastikan transfer penyerang Portugal tersebut.

Jurnalis The Guardian Fabrizio Romano mengabarkan secara aktual perihal transfer Ronaldo dalam sepekan terakhir. Kabar ia akan pindah dari Juventus sudah tercium sejak Minggu (22/8) lalu.

Saat itu, pemain 36 tahun itu meminta dicadangkan dalam laga kontra Udinese, dengan alasan sedang mempertimbangkan masa depannya. Ia akhirnya tetap bermain, meski di babak kedua.

Tiga hari berselang, Rabu (25/8) situasinya makin jelas. Jorge Mendes, agen Ronaldo, diketahui menghubungi Manchester City, menanyakan apakah mereka tertarik dengan sang pemain. The Citizens saat itu tengah mencari striker, dan di hari yang sama, perburuan Harry Kane dipastikan berakhir buntu.

Man City minta gratis ke Juve, MU diam-diam masuk dalam perburuan

Man City kemudian mengajukan syarat soal Ronaldo. Mereka tak mau mengeluarkan biaya transfer, meskipun kontrak Ronaldo tersisa semusim di Juventus. Situasi yang bikin pusing Mendes. Di satu sisi, Paris Saint-Germain tak tertarik merekrut Ronaldo, mereka sudah punya Lionel Messi.

Pada Kamis (26/8), Mendes bertemu dengan direksi Juventus, membahas kelanjutan nasib Ronaldo. Situasinya sangat pelik. Mendes meminta Juve menuruti keinginan Man City, namun Bianconeri teguh pada pendirian, meminta bayaran 25-30 juta Euro untuk striker kelahiran Madeira itu.

Kendati demikian, Jorge terus membahas Ronaldo dengan Man City, bahkan sudah tahap negosiasi isi kontrak. Di sisi lain, Juventus menanti Man City mengajukan penawaran resmi ke meja mereka, diharapkan tiba pada Jumat (27/8).

Namun saat hari Kamis belum berakhir, MU ternyata menjalin kontak dengan Mendes pada malam harinya, membahas kondisi Ronaldo. Hanya saja, hal ini belum bocor ke media. Jadi, saat itu Man City masih terlihat sebagai peminat tunggal.

MU lebih serius datangkan Ronaldo, Man City mundur

Keesokan harinya, Jumat (27/8) pagi, situasi masih berjalan stagnan. Belum ada penawaran resmi dari Man City yang datang ke Juventus, namun Ronaldo sudah pamitan kepada rekan-rekan setimnya. Ia juga mengosongkan lokernya di Vinovo, dan di hari yang sama, pulang ke Portugal dengan jet pribadinya.

Pada siang harinya, arah angin mulai berubah. Di Italia, pelatih Juve Massimiliano Allegri mengonfirmasi kepergian Ronaldo. Namun di Inggris, manajer Man City Pep Guardiola tak memberikan jawaban yang meyakinkan soal kedatangan Ronaldo.

Ia malah bilang situasinya jauh dari kenyataan. Sementara itu, kabar MU menjalin kontak dengan Mendes sudah diketahui publik. Hal ini diperkuat komentar manajer MU Ole Gunnar Solskjaer yang dengan percaya diri mengundang Ronaldo pulang ke Old Trafford.

"Jika dia mau meninggalkan Juventus, dia tahu kami ada di sini," ujar Solskjaer.

Keadaan siang itu seketika berubah 180 derajat. Man City mundur dari negosiasi. Mereka tak sepakat dengan Mendes soal isi kontrak Ronaldo ataupun biaya transfer untuk Juventus. Penawaran resmi rupanya tak pernah dikirim ke Juve.

Situasi ini menyisakan MU sebagai peminat tunggal. Berbeda dengan Man City, Setan Merah tampak serius. Manajemen langsung membahas kontrak Ronaldo, gaji sang pemain, hingga nilai bayaran untuk Juve.

Sore harinya, proposal kontrak dilaporkan sudah sampai di tangan Mendes. Ronaldo, yang berada di Portugal, juga sudah terbuka dengan peluang kembali ke MU.

Segalanya berlangsung cepat. Perkembangan transfer Ronaldo berubah cepat dari waktu ke waktu, membuat awak media tak bisa santai barang sekejap mata. Lengah sedikit, bisa-bisa kelewatan berita penting.

Benar saja, saat matahari belum terbenam di Manchester, dan hari belum berganti di Jakarta, tepatnya pukul 22.50 WIB, MU mengumumkan kesepakatan transfer Ronaldo. Boom!

Ronaldo akan dikontrak selama dua musim hingga 2023. Biaya 15 juta Euro plus bonus 8 juta Euro menjadi harga yang disepakati dengan Juventus. Kini, Ronaldo hanya tinggal melaksanakan tes medis dan merampungkan transfernya. Sang megabintang sah pulang ke MU.

(adp/rin)

ADVERTISEMENT