Pep ke Arsenal: Jangan Pecat Arteta

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Minggu, 29 Agu 2021 06:05 WIB
Arsenals manager Mikel Arteta, left, and Manchester Citys head coach Pep Guardiola gesture during the English Premier League soccer match between Manchester City and Arsenal at Etihad stadium in Manchester, England, Saturday, Aug. 28, 2021. (AP Photo/Rui Vieira)
Pep Guardiola minta Arsenal bersabar dengan Mikel Arteta (AP/Rui Vieira)
Manchester -

Pep Guardiola memaklumi kritik yang mengarah kepada Mikel Arteta. Menurut Pep, Arteta butuh waktu untuk membangkitkan Arsenal saat ini.

Sudah hampir dua tahun Arteta menangani Arsenal, tak ada perubahan berarti yang dibuatnya. Meski sempat membawa Arsenal meraih Piala FA dan Community Shield, Arteta malah jeblok di musim penuh pertamanya.

Arsenal gagal ke kompetisi Eropa pertama kalinya selama lebih dari dua dekade karena cuma finis posisi kedelapan. Di awal musim ini pun, Arsenal malah menorehkan catatan buruk.

Setelah kalah 0-2 dari tim promosi Brentford dan Chelsea, Arsenal hancur lebur di pekan ketiga menghadapi Manchester City, Sabtu (28/8/2021) malam WIB. Arsenal menuntaskan laga dengan 10 pemain dan takluk dengan skor 0-5!

Bagi Arsenal, ini adalah kekalahan ketiga beruntun di awal musim dan membuat mereka berada di posisi ke-20 alias juru kunci! Tak mencetak gol sama sekali, Arsenal sudah kebobolan sembilan gol.

Ini kali pertama Arsenal merasakan start seburuk ini dan wajar ketika Arteta sebagai manajer dikritik habis oleh pendukung. Bahkan suara sumbang mulai bermunculan dari fans The Gunners sepanjang laga kontra City.

Arteta kini jadi diunggulkan sebagai manajer pertama yang dipecat musim ini. Tapi, Guardiola tak sependapat karena Arteta sudah bekerja dengan baik dan pantas diberikan kesempatan untuk membuktikan diri.

"Dia sudah berubah menjadi seorang pria yang hebat, berkepribadian, caranya memimpin, rasa cinta kepada kami semua. Kami sedih ketika dia pergi dan terkadang orang berharap hasil instan," ujar Pep Guardiola menceritakan kepergian Mikel Arteta dari Man City pada Desember 2020.

"Skuadnya hari ini bukanlah tim impiannya karena banyak pemain yang cedera, termasuk para pemain kunci. Ben White jadi salah satu contohnya," sambungnya seperti dikutip Sky Sports.

"Dia tidak bisa mendapatkan pemain yang dibutuhkan. Semua manajer butuh skuad terbaiknya. Saya bisa memakai semua pemain kecuali De Bruyne dan Foden."

"Saya fans beratnya dan saya yakin jika mereka terus mempercayainya, maka dia akan meraih hasil bagus musim ini."

(mrp/bay)