Tantangan Gol buat CR7 di MU: Lewati Scholes atau Dekati Rooney

Kris Fathoni W - Sepakbola
Jumat, 03 Sep 2021 22:00 WIB
MANCHESTER, UNITED KINGDOM - MAY 10:  Cristiano Ronaldo of Manchester United scores the opening goal during the Barclays Premier League match between Manchester United and Manchester City at Old Trafford on May 10, 2009 in Manchester, England. (Photo by Alex Livesey/Getty Images)
Tantangan Gol buat CR7 di MU: Lewati Scholes atau Dekati Rooney. Foto: Alex Livesey/Getty Images
Jakarta -

Cristiano Ronaldo 'pulang' ke Manchester United sebagai raja gol. Kini ia mendapati tantangan untuk menegaskan predikatnya tersebut.

Bukan apa-apa. Ronaldo kini memang pemain paling tajam di level timnas (111 gol). Ronaldo juga merupakan top skor sepanjang masa Real Madrid (451 gol) yang ia bela pada periode 2009-2018. Di ajang Liga Champions, Ronaldo pun jadi raja gol sepanjang masa (134 gol).

Namun, semasa di MU dulu Ronaldo belum bertransformasi menjadi pemain depan nan tajam. Ia masih menjalani peranan sebagai winger. Sudah begitu, semasa di MU dulu CR7 juga masih berada di titik awal sebuah masa transisi dari seorang pemain muda berbakat menjadi pesepakbola hebat.

Maka dari itulah bersama MU dulu Ronaldo belum sedemikian identik dengan gol seperti sekarang. Ia belumlah sinonim dengan gol, walaupun juga sudah memperlihatkan potensi besarnya dalam urusan menjebol gawang lawan.

Di musim 2007/2008, misalnya. Saat itu Cristiano Ronaldo mencetak 42 gol dari 49 penampilannya di seluruh ajang bersama the Red Devils. Itu merupakan musim tersuburnya di MU -- yang masih di bawah beberapa musim fantastisnya di Real Madrid dengan 50-60 gol.

Statistik Cristiano RonaldoStatistik Cristiano Ronaldo dari musim ke musim. Foto: dok. Opta

Total ada 118 gol yang dicetak Cristiano Ronaldo dari 292 penampilan pada periode pertamanya bersama Manchester United. Jumlah itu bahkan belum membuatnya masuk 10 besar daftar top skor sepanjang masa di Manchester United.

Statistik Cristiano RonaldoStatistik Cristiano Ronaldo dalam hal jumlah total gol di klub. Foto: dok. Opta

Merujuk pada data Statista.com, Ronaldo menempati posisi ke-18 dalam daftar top skor dalam sejarah Setan Merah. Dua striker legendaris Man United tepat berada di atasnya, yakni Andy Cole (121 gol) dan Ole Gunnar Solskjaer (126 gol).

Torehan gol kedua sosok itu, yang salah satunya menjadi manajer Ronaldo saat ini, tampaknya cukup realistis untuk bisa segera dilampaui. Tantangan yang berikutnya adalah menembus 10 besar.

Untuk bisa masuk ke posisi 10 besar top skor sepanjang masa MU, Ronaldo terlebih dulu harus bisa menggeser striker legendaris lain yakni Ruud van Nistelrooy (150 gol) di posisi ke-11. Selanjutnya, di posisi ke-10, ada Paul Scholes (155 gol).

Jika kelak Cristiano Ronaldo bisa menembus 10 besar, masih ada deretan pemain legendaris Man United yang torehan golnya harus bisa ia lampaui untuk jadi raja gol di Old Trafford. Daftar itu sendiri saat ini dipuncaki oleh Wayne Rooney, salah satu mantan rekan Ronaldo di MU.

Top skor Manchester United sepanjang masa (10 besar):

1. Wayne Rooney - 253 gol
2. Bobby Charlton - 249 gol
3. Denis Law - 237 gol
4. Jack Rowley - 211 gol
5. Dennis Viollet - 179 gol
6. George Best - 179 gol
7. Joe Spence - 168 gol
8. Ryan Giggs - 168 gol
9. Mark Hughes - 163 gol
10. Paul Scholes - 155 gol

(krs/ran)