Top! Para Pemain Brasil Diizinkan Main di Premier League Pekan Ini

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 11 Sep 2021 10:00 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - DECEMBER 16: Rhys Williams of Liverpool celebrates with teammates Fabinho and Alisson Becker at full-time after the Premier League match between Liverpool and Tottenham Hotspur at Anfield on December 16, 2020 in Liverpool, England. A limited number of fans (2000) are welcomed back to stadiums to watch elite football across England. This was following easing of restrictions on spectators in tiers one and two areas only. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)
Para pemain Brasil diizinkan tampil di pekan keempat Premier League (Getty Images/Clive Brunskill)
London -

Kabar gembira untuk Liverpool dan sejumlah klub Inggris, FIFA akhirnya memberi lampu hijau untuk mereka menurunkan para pemain Brasil. Top!

Seperti diberitakan sebelumnya, Liverpool bersama Chelsea, Leeds United, Manchester United, dan Manchester City dihukum FIFA tak boleh menggunakan para pemain Brasil yang mereka miliki selama 5 hari mulai 10-14 September, di seluruh kompetisi.

Keputusan ini diambil setelah mereka menolak melepas mereka untuk membela timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pasalnya Brasil beserta negara Amerika Latinnya masuk dalam daftar mereka pemerintah Inggris terkait pandemi Covid-19.

Alhasil, para pemain tersebut harus dikarantina 14 hari sekembalinya mereka ke negara tersebut. Klub sudah pasti tidak mau dirugikan jika harus melihat pemainnya kehilangan waktu latihan dan main selama itu.

Selain delapan pemain Brasil tersebut, ada juga beberapa pemain yang sempat dilarang main seperti Raul Jimenez (Wolverhampton), Miguel Almiron (Newcastle United), serta Francisco Sierralta dan Ben Brereton (Chile).

Hal ini lantas jadi polemik di antara para manajer klub-klub tersebut karena merasa diperlakukan tidak adil. Mereka melakukan ini karena terbentur aturan pemerintah Inggris.

Namun, kabar baik akhirnya muncul untuk klub-klub Inggris tersebut. Dikutip The Athletic, pada Jumat (10/9/2021) malam waktu setempat, FIFA, FA, dan Premier League mencapai kata sepakat dengan federasi sepakbola Brasil, Chile, Meksiko, dan Paraguay.

Seluruh pemain itu diizinkan untuk tampil akhir pekan ini setelah sepakat mengabaikan aturan skorsing lima hari tersebut. Itu artinya, Liverpool bisa memainkan lagi Alisson dan Fabinho menghadapi Leeds United yang diperkuat Raphinha.

Lalu, duo Manchester City Ederson dan Gabriel Jesus bisa main lawan Leicester City, Fred bisa diturunkan Manchester United, dan Thiago Silva bisa dimasukkan dalam susunan pemain Chelsea menghadapi Aston Villa.

(mrp/ran)