Leeds Vs Liverpool: The Reds Menang 3-0 di Elland Road

Randy Prasatya - Sepakbola
Senin, 13 Sep 2021 00:32 WIB
LEEDS, ENGLAND - SEPTEMBER 12: Fabinho of Liverpool celebrates after scoring their sides second goal during the Premier League match between Leeds United and Liverpool at Elland Road on September 12, 2021 in Leeds, England. (Photo by Shaun Botterill/Getty Images)
Liverpool melibas Leeds United dalam lanjutan Liga Inggris. (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)
Leeds -

Liverpool berhasil mengalahkan Leeds United 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris. Kemenangan ini membuat The Reds menempel Manchester United di puncak klasemen.

Bertanding di Elland Road, Minggu (12/9/2021) malam WIB, Liverpool berhasil meraih kemenangan. Gol-gol Si Merah dicetak oleh Mohamed Salah Fabinho, dan Sadio Mane.

Hasil ini membuat Liverpool mengoleksi 10 poin dari empat laga. The Reds cuma kalah selisih gol dari Manchester United selaku pemuncak klasemen.

Leeds berada di posisi ke-17 atau satu peringkat di atas zona degradasi dengan dua poin dari empat laga. Posisi tim besutan Marcelo Bielsa tersebut bisa melorot andai Burnley mampu mencuri poin dari Everton.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Liverpool menggempur pertahanan Leeds sejak menit pertama. Tim besutan Juergen Klopp ini dominan melancarkan serangan lewat sisi lapangan.

The Reds melepaskan tembakan pertama di menit ke-10 lewat Sadio Mane. Bola yang dilepaskan dari luar kotak penalti itu masih bisa diblok lawan.

Kesempatan Liverpool untuk merobek gawang Leeds ada di menit ke-14. Diogo Jota mengontrol bola di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan, namun masih mampu dibendung Illan Meslier.

Liverpool akhirnya bisa membuka keunggulan 1-0 di menit ke-20. Bola umpan silang mendatar dari Trent Alexander-Arnold berhasil disontek oleh Mohamed Salah di depan kiper Leeds..

Thiago Alcantara sempat merobek gawang Leeds di menit ke-24 lewat sundulan. Hakim garis menganulir gol tersebut karena berbau offside.

Dua menit berselang Harvey Elliott nyaris menggandakan keunggulan Liverpool. Bola tembakan pemain berusia 18 tahun itu dari jarak dekat masih bisa dibendung Meslier.

Leeds tak kunjung mampu memberikan tekanan ke Liverpool sepanjang babak pertama. Hingga turun minum, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Liverpool.

Liverpool hampir menggandakan skor di awal babak kedua. Salah gagal melesakkan bola ke gawang yang sudah kosong karena diblok bek Leeds dan cuma menghasilkan sepak pojok.

Terjadi kemelut di kotak penalti Leeds dari hasil sepak pojok Liverpool. Fabinho sukses mengonversi peluang menjadi gol untuk membawa Liverpool memimpin 2-0 di menit ke-50.

Leeds membuat peluang di menit ke-55 lewat tembakan Tyler Roberts. Dia mengarahkan bola ke tiang jauh, namun masih sedikit melebar dari target.

Usaha Leeds untuk memperkecil ketertinggalan menjadi sangat berat setelah Pascal Struijk diganjar kartu merah langsung akibat menekal Harvey Elliott di menit ke-60. Pemain Liverpool tersebut mengerang kesakitan sambil memegangi pergelangan kaki kirinya.

Meski kalah jumlah pemain, Leeds tidak kendur dalam melancarkan serangan. Ada peluang emas Leeds dari sontekan Patrick Bamford di menit ke-74 yang digagalkan Alisson Becker.

Mane membuang peluang emas di menit ke-80. Dia melakukan sedikit kontrol bola sebelum melepaskan tembakan dari jarak dekat, namun percobaannya itu masih bisa digagalkan kiper lawan.

Dua menit berselang, Bamford melepaskan tembakan spekulasi dari tengah lapangan setelah melihat Allison terlalu jauh meninggalkan gawang. Bola menukik menuju gawang Liverpool, tapi Allison dengan cepat berlari dan menepisnya keluar lapangan.

Mane akhirnya bisa mencetak gol di injury time. Thiago memberikan umpan tarik kepada Mane dan kemudian memutar badannya sambil melepaskan tembakan. Liverpool menang 3-0

Susunan Pemain:

Leeds: Meslier; Ayling, Llorente (Struijk 34'), Cooper. Firpo; Phillips; Rafinha, Dallas, Rodrigo (Tyler Roberts 46'), Harrison (Daniel James 68'); Bamford.

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Elliott (Henderson 63'), Fabinho, Thiago (Keita 90+4'); Salah, Jota (Oxlade-Chamberlain 82'), Mane.



Simak Video "Liverpool Latah Ingin Gaet Chiesa, Juventus Menolak!"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)