Man City Vs Southampton: The Citizens Tertahan 0-0 di Kandang

Putra Rusdi K - Sepakbola
Sabtu, 18 Sep 2021 23:01 WIB
Manchester -

Manchester City tertahan 0-0 oleh Southampton di kandang dalam lanjutan Liga Inggris. The Citizens tampil tumpul dengan hanya bikin satu shoot on target.

Man City menjamu Southampton di Etihad Stadium pada pekan kelima Liga Inggris, Sabtu (18/9/2021) malam WIB. Tuan rumah tampil dominan sepanjang 90 menit.

Mereka mencatatkan penguasaan bola sebesar 64 persen dibanding 36 persen milik Southampton. Meski begitu, dominasi ini serasa sia-sia karena lini depan Man City tampil tumpul.

Man City hanya mampu membuat satu tembakan ke arah gawang dari 16 percobaan yang mereka lepaskan. Sementara Southampton yang lebih fokus bertahan juga gagal bikin gol dari 10 tembakan dengan dua on target yang mereka catatkan di laga ini.

Skor 0-0 mengakhiri laga. Tambahan satu angka membuat Man City kini berada di urutan kedua dengan 11 angka tertinggal dua angka dari Liverpool di puncak klasemen. Southampton di peringkat ke-15 dengan empat poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah tampak terlambat panas dengan mereka sempat tertekan di awal laga. Man City baru bisa menghadirkan ancaman pada menit ke-22.

Umpan silang Kyle Walker dari sisi kanan menemui kepala Ilkay Guendogan di depan gawang. Namun, sundulan Guendogan masih melambung.

Empat menit berselang, Man City kembali membuang peluang. Punya ruang di sisi kiri kotak penalti Southampton, sepakan Sterling justru melebar.

Anak asuhan Pep Guardiola perlahan mulai bisa mendominasi laga. Gempuran mereka belum berhenti.

Pada menit ke-28, Gabriel Jesus yang bergerak dari sisi kanan menyodorkan bola ke Bernardo Silva yang menusuk ke depan gawang. Sayang, Bernardo terlambat sepersekian detik untuk menyambar bola. City lagi-lagi gagal mencetak gol.

City membuat peluang lagi di menit ke-41. Namun, sundulan Gabriel Jesus menyambut umpan Fernandinho dari lini tengah juga masih melebar.

Lini depan Man City tampil kurang greget di babak pertama dengan gagal membuat satu pun shoot on target.

Menjelang babak pertama tuntas, Southampton hampir bisa mencuri gol dari aksi Mohamed Elyounoussi. Usahanya tapi masih bisa diamankan Ederson.

Skor 0-0 tak berubah hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, Southampton berani bermain lebih terbuka mengimbangi Man City.

Man City mencoba memecah kebuntuan di menit ke-53 dari usaha Gabriel Jesus di depan kotak penalti Southampton. Usahanya pemain asal Brasil ini sayang tak menemui target. The Saint membalas dari aksi Che Adams, tapi tendangannya juga melebar.

Pada menit ke-60, wasit Jon Moss sempat menunjuk titik putih akibat Adam Armstrong terjatuh saat berduel dengan Walker. Keputusan itu kemudian dianulir beberapa usai Moss meninjau VAR. Southampton gagal dapat penalti.

Meski intensitas tekanan mereka menurun, Southampton sempat kembali menebar ancaman di menit ke-76. Kombinasi umpan pendek tim tamu di sayap kiri membongkar lini pertahanan Man City. Bangunan serangan Southampton ini diakhiri tembakan mendatar Armstrong, tapi Ederson masih bisa menangkap bola.

Man City mengurung lini pertahanan Southampton menjelang akhir laga. Mereka sempat bisa menggetarkan jala Southampton di menit ke-89.

Sundulan Foden yang diitepis Alex McCarthy disambar Sterling menjadi gol. Namun, gol ini kemudian dianulir karena Sterling offside.

Skor 0-0 menutup laga.

Susunan Pemain:

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Nathan Ake, Joao Cancelo; Ilkay Gundogan, Fernandinho (Kevin De Bruyne 65'), Bernardo Silva (Phil Foden 72'); Raheem Sterling, Gabriel Jesus (Riyad Mahrez 67'), Jack Grealish.

Southampton: Alex McCarthy; Valentino Livramento (Romain Perraud 87'), Jack Stephens (Mohammed Salisu 37'), Jan Bednarek, Kyle Walker-Peters; Oriol Romeu; Nathan Redmond, James Ward-Prowse, Mohamed Elyounoussi, Che Adams (Armando Broja 68'); Adam Armstrong.

(pur/rin)