Tottenham Hotspur Vs Chelsea: The Blues Libas Lilywhites 3-0

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 20 Sep 2021 00:34 WIB
London -

Chelsea tampil mantap saat melakoni Derby London kontra Tottenham Hotspur. The Blues menang 3-0 yang seluruh golnya dibuat di babak kedua.

Pada pertandingan yang dihelat di Tottenham Hotspur stadium, Minggu (19/9/2021) malam WIB, Chelsea tampil dominan dengan 53 persen ball possesion dan membuat 20 attempts, 10 di antaranya mengarah ke gawang.

Chelsea baru bisa membuat gol di babak kedua yang diawali Thiago Silva di menit ke-49, lalu N'Golo Kante ke-57, dan ditutup Antonio Ruediger di menit ke-92. Tambahan tiga poin membuat Chelsea memimpin klasemen Liga Inggris bersama Liverpool dengan 13 poin, dengan unggul abjad.

Kekalahan kedua beruntun Tottenham membuat mereka turun ke posisi ketujuh dengan sembilan poin.

Jalannya pertandingan Tottenham Hotspur Vs Chelsea

Spurs coba mengambil inisiatif serangan lewat sisi sayap dan nyaris merepotkan pertahanan Chelsea. Salah satunya di menit keempat saat kemelut terjadi di barisan belakang Chelsea saat hendak menghalau crossing Emerson Royal.

Kedua tim bermain cepat dan berupaya mencari gol secepat-cepatnya, tapi pertarungan ketat di lini tengah membuat peluang sulit diciptakan. Hanya beberapa kali sepakan dari luar kotak penalti coba dilepaskan Spurs.

Di menit ke-21, Sergio Reguilon mampu melewati adangan beberapa pemain di sisi kiri dan menuntaskan dengan umpan tarik. Son sudah menunggu di depan gawang, tapi Antonio Ruediger dengan cepat memotongnya.

Sepuluh menit berselang, Chelsea mendapat peluang berbahaya pertamanya lewat tandukan Kai Havertz meneruskan crossing Cesar Azpilicueta, tapi bola masih melebar.

Dua menit kemudian Spurs mengancam lewat serangan balik cepat. Ada celah yang dimaksimalkan Giovani Lo Celso untuk memberikan bola terobosan kepada Son yang berlari ke kotak penalti.

Tak ada peluang berbahaya lagi hingga turun minum sehingga Tottenham Vs Chelsea masih 0-0.

Chelsea langsung tancap gas selepas jeda dan mendapat peluang di menit ke-47 lewat tembakan voli Marcos Alonso dari sudut sempit, tapi Hugo Lloris bisa menepisnya.

Dari situ lahir korner yang berujung gol pertama Chelsea. Alonso mengirim bola sepak pojok yang disambut Thiago Silva dengan tandukan tanpa bisa dihalau Lloris. Silva mudah saja melompat di antara kerumunan pemain Spurs untuk menyundul.

Chelsea's Thiago Silva, center left, scores the opening goal during the English Premier League soccer match between Tottenham Hotspur and Chelsea at the Tottenham Hotspur Stadium in London, England, Sunday, Sep. 19, 2021. (AP Photo/Matt Dunham)Thiago Silva membawa Chelsea memimpin 1-0 Foto: AP/Matt Dunham

Gol itu makin membuat Chelsea bernafsu menyerang Spurs dan tak memberikan kesempatan tuan rumah mengembangkan laga. Di menit ke-53, Eric Dier dengan cepat menghalau bola sepakan Alonso di garis gawang menyusul serangan balik cepat. Jika tidak, maka Chelsea sudah unggul 2-0.

Tapi, gol kedua langsung hadir pada menit ke-57. Chelsea menekan Spurs di daerah lawan dan membuat bola direbut Mateo Kovacic. Pemain asal Kroasia itu mengoper ke N'Golo Kante yang menembak bola dan membentur Dier, sebelum masuk ke gawang Lloris.

Spurs akhirnya mendapat peluang di babak kedua, tepatnya pada menit ke-62 lewat tembakan Kane dari jarak 25 yard yang mengarah tepat ke pelukan Kepa.

Di menit ke-76, Chelsea nyaris bikin gol lagi dari situasi sepak pojok. Lagi-lagi Alli gagal menjaga Silva dengan baik sehingga bek Brasil itu mudah menanduk bola, yang ditepis Lloris.

Dua menit kemudian Lukaku mengirimkan umpan kepada pemain pengganti Timo Werner. Meski demikian, eksekusi Werner terlalu lemah sehingga bisa diamankan Lloris.

Chelsea tak berhenti menyerbu pertahanan Tottenham dan mendapat peluang di menit ke-87, saat umpan silang Ruediger menuju Lukaku tapi tandukannya tepat ke Lloris.

Chelsea mencetak gol ketiganya di masa injury time lewat Ruediger. Lagi-lagi pertahanan Spurs gagal membuang bola dengan baik dan berakhir di kaki Werner yang memberikan umpan tarik ke tengah kotak penalti.

Ruediger lepas dari penjagaan lawan untuk menyepak bola ke pojok gawang. Chelsea menang 3-0.

Susunan pemain

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris; Emerson, Cristian Romero (Sanchez 83'), Eric Dier, Sergio Reguilon; Tanguy Ndombele (Olivier Skipp 62'), Pierre-Emile Hojbjerg, Dele Alli; Giovani Lo Celso (Bryan Gil 62'), Harry Kane, Son-Heung Min.

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Andreas Christensen, Thiago Silva, Antonio Rudiger; Cesar Azpilicueta, Jorginho, Mateo Kovacic, Marcos Alonso; Mason Mount (N'Golo Kante 46'), Kai Havertz (Timo Werner 70'); Romelu Lukaku.

(mrp/bay)