'Superman' Van Dijk Juga Perlu Dirotasi

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Senin, 20 Sep 2021 20:23 WIB
Liverpools Virgil van Dijk embraces Liverpools manager Jurgen Klopp at the end of the Champions League Group B soccer match between Liverpool and AC Milan at Anfield, in Liverpool, England, Wednesday Sept. 15, 2021. Liverpool won the match 3-2. (AP Photo/Rui Vieira)
Selalu jadi starter di Premier League, Virgil van Dijk dicadangkan saat Liverpool menghadapi AC Milan di Liga Champions (Foto: AP/Rui Vieira)
Liverpool -

Virgil van Dijk memang jadi andalan di jantung pertahanan Liverpool. Meski demikian, Van Dijk juga perlu dirotasi mengingat cedera yang pernah dia alami.

Van Dijk sempat mengalami cedera lutut parah pada Oktober 2020 lalu. Cedera tersebut membuatnya harus dioperasi dan melewatkan sebagian besar musim 2020/2021.

Kini Van Dijk sudah kembali memperkuat Liverpool di musim 2021/2022. Setelah selalu jadi starter dalam empat pertandingan pertama di Premier League, bek internasional Belanda itu cuma duduk di bangku cadangan saat Liverpool menjamu AC Milan di Liga Champions tengah pekan lalu.

Van Dijk kembali masuk starting XI kala Liverpool menang 3-0 atas Crystal Palace di Premier League akhir pekan kemarin. Bek berusia 30 tahun itu main penuh selama 90 menit.

Wakil kapten Liverpool James Milner mendukung keputusan Juergen Klopp untuk merotasi Virgil van Dijk. Menurutnya, Van Dijk harus dijaga setelah cedera parah yang sempat menghantamnya.

"Kita semua berpikir Virg adalah Superman dan memang dia seperti itu, 99 dari 100 kali," ujar Milner seperti dilansir Sky Sports.

"Tapi cedera yang sempat dia alami -- dan terlihat sebagus seperti yang sudah dia lakukan sejak comeback -- Anda tahu lah, dia bukan pemain berumur 21 tahun lagi."

"Untuk melakukan apa yang dia lakukan sejak kembali itu luar biasa. Itu menunjukkan betapa bagusnya dia, mentalitasnya seperti apa yang dia miliki."

"Tapi dia juga perlu dijaga, tak peduli seberapa marahnya dia ketika tidak masuk tim. Dia harus dijaga dan itu adalah rotasi," kata Milner.



Simak Video "Liverpool Latah Ingin Gaet Chiesa, Juventus Menolak!"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/cas)