Chelsea Vs Man City: Tuchel dan Guardiola Ribut soal Taktik

Yanu Arifin - Sepakbola
Sabtu, 25 Sep 2021 15:00 WIB
Chelseas head coach Thomas Tuchel, left, and Manchester Citys head coach Pep Guardiola chat before the start of the English Premier League soccer match between Manchester City and Chelsea at the Etihad Stadium in Manchester, Saturday, May 8, 2021.(Shaun Botterill/Pool via AP)
Thomas Tuchel dan Pep Guardiola. (Foto: Shaun Botterill/AP)
London -

Chelsea vs Manchester City akan menjadi duel keempat Thomas Tuchel vs Pep Guardiola. Kedua manajer itu akan kembali perang taktik.

Chelsea akan menjamu Manchester City di Stamford Bridge, pada pekan keenam Liga Inggris, Sabtu (25/9/2021). Ini menjadi pertemuan keempat Tuchel vs Guardiola.

Sejak dilatih Tuchel, Chelsea menjadi tim tak terkalahkan menghadapi City. Tiga laga disapu bersih dengan kemenangan.

Pertemuan pertama Chelsea-nya Tuchel vs City terjadi di Piala FA, April silam. Hakim Ziyech membawa Si Biru menang 1-0, lewat gol yang dirancang dari skema serangan balik cepat.

Kemudian, Tuchel kembali memimpin Chelsea menghadapi City di Liga Inggris, sebulan berselang. Hasilnya, Chelsea menang lagi atas sang juara bertahan Liga Inggris dengan skor 2-1.

Dan puncak pertemuan Chelsea vs City terjadi di final Liga Champions, Mei lalu. Lagi dan lagi, Tuchel bisa membawa klub asal London itu menang 1-0, lewat gol tunggal Kai Havertz, lewat umpan jauh Mason Mount.

Dari tiga kekalahan itu, Guardiola mengaku tidak bisa mengimbangi taktik Tuchel, yang banyak memainkan long ball [umpan-umpan jauh], second ball [perebutan bola liar], serta serangan balik.

"Saya memiliki perasaan dalam permainan, dan ketika saya melihatnya lagi, kami bermain dengan banyak keberanian [dan] dengan kepribadian," kata Guardiola, dilansir Express.

"Tapi, sayangnya, kami tidak bisa melakukannya. Karena serangan balik, bola panjang, bola kedua, mereka jauh lebih baik dari kami, mereka mengalahkan kami," tambahnya.

Komentar Pep Guardiola itu ditanggapi Thomas Tuchel. Manajer asal Jerman itu menyebut bahwa menghadapi City, Chelsea memang harus bermain dengan lengkap.

"Jika Anda bermain melawan Manchester City, Anda membutuhkan kinerja yang sangat kompleks. Ini bukan hanya tentang long ball dan second ball," balas Tuchel.

"Ini tentang menghindari tekanan dalam kemampuan passing Anda, juga tentang menghindari tekanan dengan menggiring bola, dengan keberanian, intensitas, dan memenangkan bola kedua."

"Ini tentang kesulitan, tentang bertahan, tentang tidak pernah terlalu pasif. Ini tentang segalanya, karena ini adalah tantangan yang sangat besar. Mereka menempatkan Anda begitu tertekan, dan mereka memiliki begitu banyak keyakinan. Tim Pep Guardiola membuat Anda mengeluarkan yang terbaik," ungkapnya.

Saat ini, Chelsea memimpin klasemen Liga Inggris dengan 13 poin dari lima laga. Sementara Manchester City tertahan di peringkat lima dengan 10 poin.

(yna/krs)