Soal Ganti dan Cadangkan Ronaldo, Solskjaer: Saya Manajernya

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 15 Okt 2021 22:20 WIB
Manchester Uniteds Norwegian manager Ole Gunnar Solskjaer (L) speaks with Manchester Uniteds Portuguese striker Cristiano Ronaldo as he leaves the field following a substitution during the UEFA Champions League Group F football match between Young Boys and Manchester United at Wankdorf stadium in Bern, on September 14, 2021. (Photo by SEBASTIEN BOZON / AFP)
Ole Gunnar Solskjaer dan Cristiano Ronaldo. (Foto: SEBASTIEN BOZON/AFP)
Manchester -

Ole Gunnar Solskjaer dikritik karena sempat mengganti dan membangkucadangkan Cristiano Ronaldo. Manajer Manchester United itu memberi penjelasan.

Ronaldo dicadangkan Solskjaer di laga terakhir MU di Liga Inggris. Saat melawan Everton di Old trafford, CR7 dimasukkan di babak kedua.

Usai laga yang berakhir imbang 1-1 itu, sorotan tertuju kepada Solskjaer. Manajer asal Norwegia itu dipertanyakan, perihal keputusannya baru memainkan Ronaldo di babak kedua.

Kemudian, beredar di media sosial yang memperlihatkan keluhan Sir Alex Ferguson, eks manajer MU, perihal masalah yang sama. Ia juga menilai Ronaldo seharusnya dimainkan dari awal.

Jauh sebelum laga melawan Everton, Solskjaer juga sempat menarik Ronaldo di tengah pertandingan. Saat dikalahkan Young Boys 1-2, Ronaldo diganti pada menit ke-72, saat skor masih 1-1.

Kritikan itu tak lepas dari peranan Ronaldo untuk Manchester United sendiri. Usai kembali ke Inggris, pemilik 5 Ballon d'Or tersebut sebenarnya langsung tampil apik dengan membuat 5 gol dari 7 penampilannya.

Ole Gunnar Solskjaer kemudian memberi penjelasan atas keputusannya. Ia mengaku cuma melindungi pemainnya dari kelelahan, termasuk Cristiano Ronaldo.

"Saya manajernya. Saya mengelola pemain untuk klub. Sangat menyenangkan memilikinya di lapangan karena dia selalu datang dengan penampilan bagusnya. Semakin kami memiliki dia di lapangan, semakin baik," kata Solskjaer, dilansir Daily Mail.

"Dia pemain yang luar biasa, seorang finisher yang luar biasa, pencetak gol, dan seorang profesional yang luar biasa. Sulit meninggalkannya dan saya pikir semua orang akan senang, bagaimana pun Anda mengatakannya, jika bisa bermain enam kali dalam enam hari, dan memainkan susunan pemain yang sama."

"Tapi ini soal rotasi, kami harus sampai April dan Mei dengan semua orang dalam kondisi terbaik. Kami mencapai Mei di akhir musim lalu, dan kami terlalu lelah," kata Ole Gunnar Solskjaer.

(yna/yna)