Ada Piala Afrika, Pemain Diminta Pergi Selepas Boxing Day

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 21 Okt 2021 22:10 WIB
WATFORD, ENGLAND - OCTOBER 16: Sadio Mane of Liverpool celebrates with teammate Mohamed Salah after scoring their sides first goal during the Premier League match between Watford and Liverpool at Vicarage Road on October 16, 2021 in Watford, England. (Photo by Richard Heathcote/Getty Images)
Sadio Mane dan Mohamed Salah bakal tinggalkan Liverpool saat Piala Afrika (Getty Images/Richard Heathcote)
London -

Klub-klub Inggris bakal kelimpungan akhir tahun ini. Sebab para pemain Afrika diminta gabung ke tim nasional selepas Boxing Day. Duh!

Bakal ada Piala Afrika yang dihelat di Kamerun mulai 9 Januari hingga 6 Februari 2021. Sejatinya turnamen ini digelar berbarengan dengan Euro 2020 musim panas lalu, tapi diundur karena pandemi virus corona.

Dengan pengunduran ini, maka klub-klub Premier League bakal dirugikan karena tak ada libur musim dingin. Sementara kompetisi lain seperti Italia, Spanyol, Jerman, dan Prancis meliburkan sementara kompetisi.

Di Premier League, ada 40 pemain Afrika yang tersebar di 20 klub. Menurut aturan FIFA yang dianut oleh Federasi Sepakbola Afrika (CAF), para pemain yang dipanggil ke timnas untuk ajang internasional wajib bergabung maksimal 13 hari sebelum turnamen dimulai, tepatnya di hari Senin.

Dengan kickoff turnamen yang mempertemukan Kamerun dan Burkina Faso pada Minggu 9 Januari, maka para pemain harus meninggalkan klub per Senin (27/12) atau sehari setelah duel Boxing Day pada 26 Desember.

Namun, dengan sebagian besar tim baru bermain pada 10-12 Januari, 20 dari 24 tim, maka klub-klub Premier League kemungkinan besar akan meminta dispensasi agar para pemain bisa menuntaskan serangkaian jadwal padat di akhir tahun.

Dispensasi itu membuat pemain nantinya baru bergabung pada Senin 3 Januari. Sehingga klub-klub Premier League tidak harus kehilangan pemainnya selama delapan pertandingan, melainkan enam pertandingan.

Jika sesuai jadwal, maka delapan pertandingan dilewatkan oleh para pemain Afrika tersebut. Itu artinya Chelsea dan Liverpool bisa menurunkan legiun asal Benua Hitam saat bertemu di Stamford Bridge 2 Januari pukul 23.30 WIB.

"Klub dan Asosiasi Sepakbola Negara bersangkutan mungkin akan sepakat untuk menahan pemain lebih lama atau yang lainnya," demikian isi salah satu aturan FIFA.

Dikutip The Athletic, Watford jadi yang paling dirugikan karena kehilangan lima pemain saat Piala Afrika, lalu ada Crystal Palace dan Arsenal yang kehilangan empat pemain.

Lalu, Liverpool harus kehilangan tiga pemain Afrikanya, yakni Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Naby Keita. Chelsea cuma kehilangan dua, yakni Edouard Mendy dan Hakim Ziyech.

Manchester United kehilangan dua pemain Afrika, lalu Manchester City satu pemain yakni Riyad Mahrez. Yang tidak punya pemain Afrika ada empat klub, yakni Leeds United, Newcastle United, Norwich City, dan Tottenham Hotspur.

(mrp/rin)