Cristiano Ronaldo: Saya Akan Bungkam Kritik dengan Gelar!

Bayu Baskoro - Sepakbola
Minggu, 24 Okt 2021 06:30 WIB
BERN, SWITZERLAND - SEPTEMBER 14: Cristiano Ronaldo of Manchester United gestures during the UEFA Champions League group F match between BSC Young Boys and Manchester United at Stadion Wankdorf on September 14, 2021 in Bern, Switzerland. (Photo by Matthias Hangst/Getty Images)
Cristiano Ronaldo ingin membungkam kritik dengan gelar juara. (Foto: Getty Images/Matthias Hangst)
Manchester -

Cristiano Ronaldo angkat bicara mengenai berbagai kritikan yang dilancarkan kepadanya. CR7 bertekad membungkam suara-suara miring itu dengan gelar juara.

Ronaldo mendapat bermacam-macam kritikan setelah kembali ke Manchester United pada awal musim 2021/2022. Hal itu tak lepas dari performanya yang belum konsisten bersama Setan Merah.

Sempat memberikan kesan menggoda dalam dua pertandingan awalnya bersama Man United, Ronaldo belum mampu mengulangi performa top di laga-laga berikutnya. Bintang 34 tahun itu sejauh ini baru membukukan tiga gol dari lima penampilan di Premier League.

Belum lancarnya rekening gol Cristiano Ronaldo berdampak kepada perolehan hasil tim. Manchester United sudah menelan dua kekalahan dari delapan laga Liga Inggris, serta tertahan di posisi kedelapan klasemen sementara dengan 14 poin.

Kritikan yang menyasar Ronaldo tidak hanya terkait ketajamannya di depan gawang. Eks bintang Real Madrid dan Juventus itu juga dicela lantaran jarang mau membantu pertahanan tim ketika lawan menggempur lini belakang Man United.

Salah satu contoh yang paling anyar yakni ketika Man United kewalahan menahan gempuran serangan Leicester City pekan lalu. Ronaldo tak berkutik di lini depan dan tidak banyak membantu rekan-rekannya di belakang. Setan Merah pun takluk 2-4, meski sempat unggul 1-0 lebih dulu.

Setelah sekian lama menutup mulut, Ronaldo akhirnya buka suara perihal segala kritikan kepadanya. Peraih lima Ballon d'Or itu menilai para kritikus tidak menyukai dirinya dan dia bertekad menjawab kritik dengan titel jawara.

"Orang-orang yang enggan melihat itu karena mereka tidak menyukai saya. Kalau boleh jujur, saya sudah 36 tahun, saya telah memenangkan segalanya," kata Ronaldo kepada Sky Sports.

"Lantas apakah saya akan khawatir dengan orang-orang yang mengatakan hal-hal buruk tentang saya? Saya masih tidur nyenyak kok di malam hari. Saya tidur dengan hati nurani yang sangat baik," sambungnya.

"Silakan lanjutkan itu semua, karena saya akan menutup mulut mereka dan memenangkan banyak gelar. Kritik selalu menjadi bagian dari bisnis. Saya tidak khawatir tentang itu dan saya melihatnya sebagai hal yang baik,".

"Jika mereka menyoroti saya atau berbicara tentang saya, itu karena mereka tahu potensi dan nilai saya dalam sepakbola, jadi itu bagus. Saya akan memberi anda sebuah contoh: jika anda adalah siswa terbaik di sekolah dan anda bertanya kepada siswa terbodoh perihal siswa terbaik, maka mereka akan membencinya," demikian kata Cristiano Ronaldo.

Tonton prediksi dan analisis big match Manchester United vs Liverpool berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(bay/ran)