Kalau Pecat Ole, MU Mesti Bayar Pesangon Sebanyak Ini

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Kamis, 28 Okt 2021 16:18 WIB
Manchester Uniteds manager Ole Gunnar Solskjaer leaves the field at the end of the English Premier League soccer match between Manchester United and Liverpool at Old Trafford in Manchester, England, Sunday, Oct. 24, 2021. Liverpool won 5-0. (AP Photo/Rui Vieira)
Berapa banyak pesangon Ole Gunnar Solskjaer jika dipecat Manchester United? (Foto: AP/Rui Vieira)
Jakarta -

Ole Gunnar Solskjaer dalam posisi di ujung tanduk sebagai manajer Manchester United. Rumor pemecatannya semakin menguat setelah kekalahan telak dari Liverpool.

Ole Gunnar Solskjaer semakin dekat dengan pintu keluar Old Trafford, setelah kekalahan 0-5 Manchester United dari Liverpool di kandang sendiri. Posisinya disebut-sebut akan ditentukan dari hasil melawan Tottenham Hotspur, Sabtu (30/10) akhir pekan ini.

Antonio Conte muncul sebagai kandidat terkuat pengganti Solskjaer. Nama lain yang dicalonkan adalah Zinedine Zidane. Baik Conte maupun Zidane saat ini sama-sama tengah menganggur.

Lalu seberapa banyak ongkos yang harus dikeluarkan MU jika memecat Ole Gunnar Solskjaer? MU kabarnya belajar banyak dari kasus Jose Mourinho, yang mendapatkan pesangon banyak dari pemecatannya pada Desember 2018.

Kala itu MU harus membayar hingga 19,6 juta paun (sekitar Rp 382,7 miliar) untuk pesangon Mourinho dan para stafnya. Sebanyak 15 juta paun (Rp 292,8 miliar) mengalir hanya untuk pria yang kini menangani AS Roma tersebut.

Metro melaporkan pada 2019 bahwa ketika Solskjaer meneken kontrak, MU mencantumkan klausul pembatasan pesangon sebesar 7 juta paun (Rp 136,6 miliar). Meski Solskjaer mendapatkan kenaikan gaji ketika memperpanjang kontrak pada Juli 2021 lalu, klausul ini tak berubah.

Maka ia akan tetap mendapatkan pesangon 7 juta paun andai benar-benar dibebastugaskan dari jabatannya dalam waktu dekat. Bukan angka yang sedikit memang, tapi relatif lebih murah dari ongkos pemecatan Jose Mourinho.

(raw/krs)