Salah, Mane, dan Son Paling Sering Dirugikan VAR

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 18 Nov 2021 19:20 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - OCTOBER 30:  Mohamed Salah of Liverpool talks with team mate Sadio Mane during the Premier League match between Liverpool and Brighton & Hove Albion at Anfield on October 30, 2021 in Liverpool, England. (Photo by Shaun Botterill/Getty Images)
Sadio Mane dan Mohamed Salah, paling banyak golnya dianulir VAR (Getty Images/Shaun Botterill)
London -

Premier League sudah tiga musim terakhir menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Tiga pemain paling dirugikan, siapa saja?

VAR sudah digunakan sejak 2019/2012 di Premier League dan kini memasuki tahun ketiganya. Ada total 870 pertandingan dilewati dengan paling banyak keputusan yang dianulir VAR adalah gol.

Menurut catatan ESPN, VAR menganulir gol itu karena ada rekan setim yang offside. Nah, untuk kategori ini, tiga pemain depan paling dirugikan adalah duo Liverpool Sadio Mane dan Mohamed Salah, serta penyerang Tottenham Hotspur Son Heung-min.

Ada tiga gol Son yang dianulir VAR langsung karena offside dan satu lagi karena rekan setimnya yang offside, yakni Lucas Moura, saat menghadapi Southampton.

Tottenham Hotspur's South Korean striker Son Heung-Min celebrates after scoring his team's second goal during the UEFA Champions League Group B football match between Red Star Belgrade (Crvena Zvezda) and Tottenham Hotspur at the Rajko Mitic stadium in Belgrade, on November 6, 2019. (Photo by ANDREJ ISAKOVIC / AFP)Son Heung-min, paling banyak dianulir golnya oleh VAR Foto: AFP/ANDREJ ISAKOVIC

Salah pun demikian karena tiga golnya dianulir karen offside serta satu lagi dibatalkan karena handball Roberto Firmino, saat menghadapi Tottenham musim lalu.

Untuk Mane, ada dua dianulir karena offside dan dua lagi karena handball. Di bawah ketiganya ada penyerang Chelsea Timo Werner yang tiga kali dianulir golnya oleh VAR, sama dengan Gabriel Jesus dan Harry Kane.

Salah dan Son jadi pemain paling banyak dianulir golnya oleh VAR karena offside, disusul Mane, Ollie Watkins, dan Chris Wood.

Untuk seluruh gol maupun assist, pemain paling sering dianulir golnya oleh VAR adalah Mane dan Son sebanyak enam kali, disusul Michail Antonio, Jesus, Salah, dan Wood dengan empat kali.

Paling diuntungkan oleh VAR adalah Pierre-Emerick Aubameyang dan Jamie Vardy, sebanyak empat kali. Ada total empat gol untuk masing-masing pemain karena hadiah VAR.

Jika ditotal, maka pemain paling sering berurusan dengan VAR selama tiga musim ini adalah Son Heung-min (10 kali), lalu Sadio Mane dan Callum Wilson (8 kali), disusul Jesus (7x), serta Dominic Calvert-Lewin, Bruno Fernandes, dan Mo Salah (6x).

Bagaimana dengan para pemain yang dihadiahi penalti karena VAR? Ada empat pemain yang mendapat dua penalti karena bantuan alat canggih itu, yakni Alexandre Lacazette, Timor Werner, Marcus Rashford, dan Sergio Aguero.

(mrp/krs)