ADVERTISEMENT

Harry Maguire Masih Belajar Jadi Pemimpin

Bayu Baskoro - Sepakbola
Sabtu, 20 Nov 2021 16:00 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - SEPTEMBER 25: Harry Maguire of Manchester United looks on during the Premier League match between Manchester United and Aston Villa at Old Trafford on September 25, 2021 in Manchester, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Harry Maguire dinilai masih belajar jadi pemimpin tim. (Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
Manchester -

Harry Maguire dinilai masih belajar menjadi pemimpin tim di lapangan. Kepemimpinan bek 28 tahun itu di Manchester United kerap dipertanyakan.

Maguire ditunjuk sebagai kapten MU pada Januari 2020. Dia menggantikan Ashley Young yang kala itu hengkang ke Inter Milan.

Penunjukan Maguire sebagai kapten MU sempat menimbulkan pertanyaan. Pemain asal Inggris itu baru tiba di Old Trafford enam bulan sebelumnya, tapi sudah dipercaya memimpin David De Gea dkk.

Kritikan kepada Harry Maguire semakin besar taktala dirinya tampil di lapangan dengan ban kapten di lengan. Eks bintang Leicester City itu dianggap belum kapabel menjadi pemimpin tim, hingga beberapa kali membuat kesalahan berujung gol lawan.

Performa yang ditampilkan Maguire bersama Manchester United berbanding terbalik dengan apa yang dia tunjukkan di Timnas Inggris. Bek jebolan Sheffield United itu kukuh mengawal lini belakang The Three Lions, serta membuat rekor sebagai bek paling subur sepanjang sejarah Inggris dengan tujuh gol.

Maguire sempat membuat selebrasi yang mengundang kontroversi saat mencetak gol di laga Inggris vs Albania pekan lalu. Dia menutup kedua telinga dengan tangannya, sesuatu yang dinilai sebagai tanda membungkam kritik kepadanya.

Mantan kapten MU, Roy Keane, menyebut aksi Maguire itu memalukan. Pendapat berbeda diberikan legenda MU lainnya, Gary Neville, yang menilai selebrasi itu bagian dari pembelajaran Maguire sebagai pemimpin tim.

England's Harry Maguire celebrates after he scores his side's first goal during the World Cup 2022 group I qualifying soccer match between England and Albania at Wembley stadium in London, Friday, Nov. 12, 2021. (AP Photo/Ian Walton)Selebrasi tutup kuping Harry Maguire di Timnas Inggris. Foto: (AP/Ian Walton)

"Ketika saya melihatnya melakukan itu, saya pikir dia akan mendapat kritik. Namun apa pun yang perlu anda lakukan, Harry, untuk menjadi diri anda sendiri dan mendapatkan kembali kepercayaan diri dan otoritas anda, lakukanlah," kata Neville, dilansir dari Daily Mail.

"Itu adalah bagian dari pembelajaran dia. Harry Maguire adalah pemimpin baru, tapi dia belum mencapai ke arah sana," sambungnya.

"Saya pikir dia mendapatkan ruang ganti United di telapak tangannya pada akhir musim lalu. Saya bisa merasakannya dan mendengarnya di lapangan tanpa penggemar. Dia kuat," ujar Gary Neville mengenai Harry Maguire.

Tonton prediksi dan analisis big match Liverpool vs Arsenal berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(bay/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT