Everton Vs Liverpool Berduel Nanti Malam, Ini 10 Data dan Faktanya

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Rabu, 01 Des 2021 11:00 WIB
Liverpools Mohamed Salah, left shoots at goal only to have his shot blocked by Evertons goalkeeper Jordan Pickford during the English Premier League soccer match between Liverpool and Everton at Anfield in Liverpool, England, Saturday, Feb. 20, 2021. (Phil Noble/ Pool via AP)
10 data dan fakta seputar duel Everton vs Liverpool yang akan bertanding malam ini. (Foto: Phil Noble/ Pool via AP)
Jakarta -

Derby Merseyside jilid pertama di 2020/2021 akan digelar nanti malam. Berikut ini adalah 10 statistik seputar duel Everton vs Liverpool.

Everton akan menjamu Liverpool di Goodison Park, Kamis (2/12/2021) dinihari WIB. The Reds akan menjadi tantangan superberat bagi tim tuan rumah.

Liverpool sedang relatif konsisten sehingga menempatkan mereka di posisi ketiga klasemen dengan 28 poin. Sementara itu the Toffees justru tengah dalam tren negatif usai cuma dua kali menang dalam sembilan pertandingan terakhirnya, termasuk tidak pernah menang di tujuh laga terakhir.

Berikut ini 10 data dan fakta seputar duel Everton vs Liverpool, yang dirangkum Opta:

1. Everton menang 2-0 pada pertandingan terakhir melawan Liverpool di Premier League, menyudahi tren tidak pernah menang selama 20 pertemuan melawan mereka di kompetisi ini. Mereka belum pernah menang dua kali beruntun di Derby Merseyside liga sejak mengalahkan mereka di dua pertemuan pada musim 1984/85.

2. Liverpool tidak terkalahkan dalam 10 laga tandang Premier League melawan Everton sejak kalah 0-2 di Oktober 2010. Namun, delapan dari sembilan kunjungan terakhirnya berakhir sama kuat, termasuk masing-masing dari empat laga terakhir berturut-turut.

3. Dalam sejarah Premier League, duel Everton vs Liverpool memunculkan lebih banyak kartu merah (22) dan lebih banyak hasil seri (24) daripada pertandingan lainnya. Derby Merseyside juga melahirkan lebih banyak gol-gol kemenangan di menit ke-90 daripada pertandingan lain di kompetisi ini, di mana seluruhnya dicetak oleh Liverpool - Ronny Rosenthal (1993), Gary McAllister (2001), Dirk Kuyt (2007), Sadio Mane (2016), dan Divock Origi (2018).

4. Everton hanya sekali kalah dalam 13 pertandingan di tengah pekan (Selasa, Rabu, Kamis) di Premier League (menang 7, seri 5), ketika kalah 1-3 dari Manchester City pada Februari musim lalu.

5.Liverpool telah mencetak setidaknya dua kali di setiap dari masing-masing 17 pertandingan di seluruh kompetisi. Tren terpanjang dalam sejarah oleh sebuah klub di divisi teratas sepakbola Inggris (sejajar dengan Sunderland pada 1927).

6. Liverpool telah memenangi empat laga Premier League dengan minimal empat gol di musim ini, lebih banyak dua kali lipat daripada yang mereka capai sebelumnya pada musim lalu (2), serta satu lebih banyak daripada yang mereka lakukan di musim saat juara liga pada 2019/20 (3).

7. Liverpool menderita kekalahan tandang terakhir di markas West Ham 2-3 tapi belum pernah kalah beruntun di kandang lawan pada laga Premier League sejak Februari 2017 (vs Hull City dan Leicester City). Bagaimanapun, the Reds telah mengemas setidaknya dua gol di setiap dari masing-masing sembilan laga tandang terakhirnya di Premier League, dan bisa menjadi tim kedua yang melakukannya di 10 laga beruntun di kompetisi ini setelah Manchester United (11).

8. Manajer Everton Rafael Benitez hanya sekali menang dalam 10 pertandingan Premier League menghadapi tim yang pernah ditanganinya (seri 3, kalah 6) dengan memimpin Newcastle United mengalahkan Chelsea 3-0 pada Mei 2018. Sementara itu, mantan manajer-manajerLiverpool sudah kalah 13 dalam 14 pertandingan terakhir melawan the Reds di Premier League, di mana Leicester City-nya Brendan Rodgers menang 3-1 pada musim lalu.

9. Hanya Mohamed Salah (11) yang telah mengemas gol Premier League lebih banyak untuk Liverpool daripada Diogo Jota (7) di musim ini. Striker Portugal itu membuat delapan gol dalam 11 penampilannya sebagai starter di kompetisi ini untuk si Merah.

10. Mohamed Salah telah mencetak gol atau mengkreasikan assist di setiap dari enam laga tandang di Premier League (7 gol, 5 assist). Belum pernah ada pemain Liverpool lainnya yang terlibat atas terjadinya gol di tujuh laga tandang beruntun di kompetisi ini.

(rin/krs)