Salah Cuma Nomor 7 di Ballon d'Or, Klopp: Harusnya Lebih Tinggi

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 01 Des 2021 05:30 WIB
Liverpools Mohamed Salah celebrates after scoring a penalty shot during the Champions League Group B soccer match between Atletico Madrid and Liverpool at Wanda Metropolitano stadium in Madrid, Spain, Tuesday, Oct. 19, 2021. (AP Photo/Manu Fernandez)
Mohamed Salah ada di posisi ketujuh di hasil akhir Ballon d'Or 2021 (Foto: AP/Manu Fernandez)
Liverpool -

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, mempertanyakan hasil Ballon d'Or 2021. Klopp heran dengan hasil yang didapat Mohamed Salah dan Robert Lewandowski.

Seremoni penghargaan Ballon d'Or 2021 digelar di Paris pada Selasa (30/11/2021) dini hari WIB. Lionel Messi terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or 2021 yang sekaligus jadi trofi ketujuhnya di ajang ini.

Messi mengungguli Robert Lewandowski dan Jorginho yang finis kedua dan ketiga dalam pemungutan suara. Sementara itu, Mohamed Salah menempati posisi ketujuh.

Sebagai informasi, pemilihan pemenang Ballon d'Or dilakukan lewat pemungutan suara oleh jurnalis terpilih dari seluruh dunia. Penilaian berdasarkan performa individu dan kolektif selama satu tahun kalender, dan fair play. Satu lagi elemen pemilihan fokus ke 'penilaian keseluruhan atas karier pemain'.

Menurut Klopp, kriteria tersebut menguntungkan Messi jika dibandingkan dengan kandidat lainnya, termasuk Lewandowski dan Salah.

"Saya tidak terlalu yakin soal itu (Ballon d'Or), 100%," ujar Klopp seperti dilansir ESPN.

"Anda selalu bisa memberikannya ke Messi atas kariernya, tapi jika Anda tidak memberikannya ke Robert Lewandowski kali ini, setelah tahun ini, maka agak sulit baginya untuk meraihnya."

"Dan Mo (Salah) seharusnya lebih tinggi, tentu saja. Sejujurnya saya kaget dengan posisinya," lanjut Klopp.

"Saya melihat jumlah suaranya di suatu tempat, saya tidak tahu persis (bagaimana pemilihannya). Apakah jurnalis? Maka jangan tanya saya, itu salah kalian. Bicara ke kolega kalian kalau kalian berpikir hasilnya seharusnya berbeda," kata Klopp.

(nds/ran)