MU vs Crystal Palace: Gol Fred Menangkan Setan Merah

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Minggu, 05 Des 2021 22:59 WIB
Manchester -

Manchester United menang susah payah atas Crystal Palace di laga debut Ralf Rangnick dengan skor 1-0. Fred jadi pahlawan Setan Merah.

Pada pertandingan yang dihelat di Old Trafford, Minggu (5/12/2021) malam WIB, MU bermain dominan dengan menguasai 62 persen ball possesion dan membuat 16 attempts, tapi cuma tiga on goal.

Sementara, Palace punya dua attempts on target dari total delapan. Satu-satunya gol di laga ini dibuat Fred pada menit ke-77 yang memberikan kemenangan pertama untuk MU-nya Rangnick.

The Red Devils naik ke posisi keenam klasemen Liga Inggris dengan 24 poin, selisih tiga poin dari West Ham United di posisi keempat. Palace di posisi ke-12 dengan 16 poin.

Jalannya pertandingan MU vs Crystal Palace

Pada laga perdananya sebagai manajer MU, Ralf Rangnick memasang formasi 4-2-3-1 dengan Cristiano Ronaldo sebagai ujung tombak ditopang Jadon Sancho, Bruno Fernandes, dan Marcus Rashford.

MU memang menguasai jalannya laga sejak menit awal dan tak memberikan kesempatan Palace mengembangkan permainan. Tapi, MU masih kesulitan untuk menembus ketatnya pertahanan Palace.

Palace mengancam duluan pada menit kedelapan lewat tembakan keras Christian Benteke yang masih bisa diamankan David de Gea.

Peluang terbaik MU baru datang pada menit ke-22 ketika Ronaldo mendapat ruang tembak di sisi kiri kotak penalti dan melepaskan sepakan keras. Bola bisa diamankan oleh Vicente Guaita.

Lini pertahanan Palace yang digalang James Tomkins memang bermain rapat sehingga beberapa kali umpan silang atau terobosan MU mampu dipatahkan. Pada menit ke-26, MU juga mendapat kans bikin gol.

Ronaldo mengoper bola umpan panjang Harry Maguire kepada Fernandes, yang langsung menuntaskan dengan sepakan voli yang bisa ditepis oleh Guaita.

MU masih berupaya mencari gol di sisa babak pertama, tapi penyelesaian akhir yang buruk membuat usaha selalu gagal. Satu peluang emas di masa injury time didapat Diogo Dalot yang menusuk dari sisi kanan dan begitu masuk ke area 16 meter, bola ditendang dengan kaki kirinya tapi melebar.

Skor 0-0 menutup babak pertama Man United vs Crystal Palace.

Pada babak kedua, MU masih memegang kendali permainan, tapi lagi-lagi kesulitan untuk membuat gol. Kans emas baru muncul di menit ke-68 setelah Alex Telles langsung melepaskan sepakan bebas ke gawang Guaita, tapi masih menerpa mistar.

Palace punya kesempatan terbaik untuk membuat gol pada menit ke-75. James Tomkins menyundul bola korner dan mengarah ke Jordan Ayew di tiang jauh. Meski tanpa kawalan, Ayew cuma bisa menembak bola ke sisi gawang.

Fred! MU akhirnya bisa unggul di pertandingan ini sekaligus membukukan gol pertamanya di era Rangnick pada menit ke-77. Mason Greeenwood mendapat bola di kotak penalti dan tahu dirinya dijaga banyak pemain, dia mengoper kepada Fred di dekatnya.

MANCHESTER, ENGLAND - DECEMBER 05: Fred of Manchester United scores their side's first goal during the Premier League match between Manchester United and Crystal Palace at Old Trafford on December 05, 2021 in Manchester, England. (Photo by Alex Livesey/Getty Images)Gol Fred yang menentukan kemenangan Man United 1-0 Foto: Getty Images/Alex Livesey

Fred yang berada di tepi kotak penalti langsung menembak bola ke tiang jauh tanpa bisa dihalau Guaita. Hingga laga MU vs Crystal Palace selesai, skor 1-0 bertahan.

Susunan pemain

Man United: David de Gea; Diogo Dalot, Victor Lindelof, Harry Maguire, Alex Telles; Scott McTominay, Fred; Jadon Sancho (Mason Greenwood 62'), Bruno Fernandes (Donny van de Beek 86'), Marcus Rashford (Anthony Elanga 76'); Cristiano Ronaldo.

Crystal Palace: Vicente Guaita; Nathaniel Clyne, James Tomkins, Marc Guehi, Tyrick Mitchell; Jeffrey Schlupp, Cheikhou Kouyate (Eberechi Eze, Conor Gallagher; Jordan Ayew (Michael Olise 84'), Christian Benteke (Odsonne Edouard 67'), Wilfried Zaha.

(mrp/nds)