ADVERTISEMENT

Kaki Kanan Fred Ngeri Juga

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 06 Des 2021 09:40 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - DECEMBER 05: Fred of Manchester United scores their sides first goal during the Premier League match between Manchester United and Crystal Palace at Old Trafford on December 05, 2021 in Manchester, England. (Photo by Alex Livesey/Getty Images)
Tembakan kaki kanan Fred menjebol gawang Crystal Palace (Getty Images/Alex Livesey)
Manchester -

Fred adalah pemain kidal. Tapi, bukan berarti gelandang Manchester United itu tidak bisa mencetak gol dengan kaki kanannya.

Fred jadi starter saat Setan Merah menjamu Crystal Palace pada pekan ke-15 Premier League di Old Trafford, Minggu (5/12/2012) malam WIB. Ini jadi momentum untuk Fred dan para pemain lain unjuk gigi.

Sebab, Ralf Rangnick menjalani partai debutnya sebagai manajer interim MU sepekan setelah pengumuman pertama kalinya. Fred diduetkan bareng Scott McTominay dalam formasi 4-2-3-1.

Fred dan McTominay berperan sebagai gelandang pivot yang jadi filter pertama untuk pertahanan MU. Tak cuma itu, mereka juga harus membantu serangan kuartet penyerang yang diisi Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, Marcus Rashford, dan Jadon Sancho.

MU memang bermain dominan atas Palace dengan menciptakan 16 attempts, tiga di antaranya mengarah ke gawang. Tapi, Palace juga dibuat tak berdaya dengan hanya melepaskan delapan attempts, dua on goal.

Setelah menunggu sekian lama, MU akhirnya mendapatkan gol di menit ke-77. Bukan Ronaldo, Rashford, Fernandes, atau Sancho, melainkan Fred yang melepaskan sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti.

Bola operan pendek Mason Greenwood diarahkan Fred ke tiang jauh kanan sehingga tak bisa digapai Vicente Guaita. Skor 1-0 pun dipertahankan MU hingga akhir laga dan Rangnick menorehkan tiga poin di laga debutnya.

Fred berperan besar mengingat dia tampil bagus lewat 95 kali sentuhan bola, 83 persen akurasi umpan, 10 umpan di sepertiga akhir lapangan, tujuh kali tekel sukses, tujuh kali merebut bola, dua sapuan, dua attempts, dan satu gol.

[Gambas:Opta]

Pantas jika Fred dinobatkan sebagai man of the match. Ini juga jadi gol kedua Fred di Liga Inggris musim ini dari 12 laga, sama banyak dari 76 laga pertamanya. Bahkan total gol Fred lebih banyak dari Harry Kane yang baru bikin satu gol, dan bukan berasal dari kaki terkuatnya.

"Saya harus bertanya kepada asisten bahkan, apakah gol itu dari kaki kanan Fred; Saya kira dia cuma bisa menembak dengan kaki kirinya. Saya turut bahagia untuknya," ujar Rangnick di ESPN.

(mrp/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT