10 Fakta Liverpool Vs Aston Villa

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 10 Des 2021 16:00 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - APRIL 10: Aston Villas Matt Targett vies with Liverpools Mohamed Salah during the Premier League match between Liverpool and Aston Villa at Anfield on April 10, 2021 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)
Liverpool bakal menghadapi Aston Villa di Anfield akhir pekan ini (Getty Images/Clive Brunskill)
Liverpool -

Liverpool akan coba melanjutkan tren positifnya saat menghadapi Aston Villa. Berikut 10 fakta duel Liverpool vs Aston Villa.

Liverpool sudah memenangi empat laga terakhirnya di Liga Inggris sehingga kini berada di posisi kedua klasemen dengan 34 poin, selisih satu poin dari Manchester City di puncak.

Oleh karenanya tiga poin jadi incaran Liverpool saat menjamu Villa di Anfield, Sabtu (10/12/2021) malam WIB besok. Tapi, misi itu tidak akan mudah karena Villa kini lagi menanjak bersama Steven Gerrard.

Sejak Gerrard menangani tim itu, Villa meraih tiga kemenangan dari empat pertandingan terakhirnya. Apalagi ini bakal jadi duel emosional untuk Liverpool dan Gerrard.

Berikut 10 fakta terkait duel Liverpool vs Aston Villa yang dikutip Opta:

- Liverpool memenangi enam dari tujuh pertemuan terakhirnya dengan Aston Villa di Premier League (1 kalah), mencetak setidaknya dua gol di seluruh laga itu.

- Setelah empat lawatan ke Anfield tanpa kalah di Premier League sedari 2012 hingga 2014, Aston Villa selalu kalah di tiga lawatan terakhir ke Anfield.

- Laga Aston Villa vs Liverpool adalah yang paling sering memunculkan tim tandang sebagai pemenangnya yakni 20 kali, hanya kalah dari laga Man City vs Man United (21x).

- Duel Aston Villa vs Liverpool (4) adalah pertandingan kedua Premier League yang paling sering memunculkan hat-trick seperti Arsenal vs Liverpool. Ollie Watkins jadi pemain terakhir yang melakukannya pada Oktober 2020.

- Liverpool sudah memenangi dua pertandingan kandang terakhirnya atas Arsenal dan Southampton dengan skor 4-0. The Reds tidak pernah memenangi tiga laga kandang beruntun dengan selisih minimal empat gol sejak September/Oktober 1987, dengan mengalahkan Derby, Portsmouth, dan QPR dengan skor 4-0.

- Liverpool kalah delapan kali dari 12 pertandingan perdananya di 2021 (3 menang 1 imbang), gagal mencetak gol di tujuh pertandingan itu. Sejak saat itu, Reds selalu bikin gol di 25 laga Premier League terakhirnya dan hanya kalah sekali (18 menang 6 imbang).

- Dengan ekspektasi gol senilai 18,6, Aston Villa (kebobolan 24) kebobolan lebih banyak lima gol dari perkiraan, berdasarkan kualitas peluang lawannya - Hanya Norwich dan Crystal Palace yang punya lebih banyak musim ini. Tapi, VIllans juga mencetak lima gol lebih banyak (21) dari yang seharusnya (16,2), hanya kalah dari Chelsea, Liverpool, dan West Ham.

- Aston Villa memenangi tiga dari empat pertandingan Premier League di bawah Steven Gerrard (1 kalah), sama banyaknya dari 11 laga pertama musim ini bareng Dean Smith (1 imbang 7 kalah). Gerrard bakal jadi manajer Villa petama yang memenangi dua laga tandang pertamanya sejak John Gregory (5 di 1998).

- Ini bakal jadi laga pertama Steven Gerrard menghadapi Liverpool sebagai manajer, klub di mana dia bermain 710 kali di seluruh kompetisi, penampilan ketiga terbanyak di Reds. Mantan pemain yang menghadapi Liverpool di Anfield sebagai manajer Premier League kalah 14 kali dari 16 lawatan terakhirnya (1 menang 1 imbang), dengan kemenangan terakhir didapat Kevin Keegan, Mei 2003 di Manchester City.

- Mohamed Salah setidaknya mencetak gol atau assist di 13 pertandingan beruntun Premier League musim ini, setelah membuat assist untuk gol kemenangan Divock Origi. Ini adalah rentetan terpanjang kedua keterlibatan pemain dalam lahirnya gol, setelah Jamie Vardy pada Agustus hingga Desember 2015 (15 laga).

(mrp/ran)