ADVERTISEMENT

Badai COVID-19 Bikin Laga Replay Piala FA 2021/2022 Ditiadakan

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 21 Des 2021 07:00 WIB
MALDON, ENGLAND - NOVEMBER 29: The FA Trophy is seen prior to the FA Cup Second Round match between Maldon and Tiptree FC abd Newport County AFC at The Wallace Binder Ground on November 29, 2019 in Maldon, England. (Photo by Justin Setterfield/Getty Images)
FA tiadakan laga replay Piala FA akibat COVID-19 (Foto: Justin Setterfield/Getty Images)
London -

Pertandingan replay di babak ketiga dan keempat Piala FA ditiadakan. Langkah ini diambil menghindari jadwal padat usai banyak laga yang ditunda akibat COVID-19.

Keputusan ini diumumkan oleh Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) melalui situs resmi mereka, Senin (20/12/2021) malam WIB. Dewan FA menyepakati menghilangkan laga replay babak ketiga dan keempat Piala FA pada pertemuan di hari Jumat (17/12).

Laga replay sebelumnya menjadi ciri khas dari Piala FA. Laga Replay atau pertandingan ulang akan dilakukan jika ada tim yang bermain imbang pada babak ketiga dan babak keempat.

Dengan ditiadakannya laga replay, pertandingan babak ketiga dan babak keempat Piala FA 2021/2022 bakal langsung dilanjutkan ke perpanjangan waktu saat imbang selama 90 menit. Jika pemenangan masih belum didapat saat perpanjangan waktu, laga bakal ditentukan lewat adu penalti.

"Keputusan luar biasa ini telah disetujui oleh Dewan FA pada hari Jumat 17 Desember dan telah diambil untuk kepentingan sepak bola Inggris yang lebih luas untuk mengurangi kemungkinan jadwal padat pertandingan menyusul penundaan beberapa laga dalam hari-hari terakhir dan berlanjutnya ketidakpastian untuk ke depannya karena COVID-19," bunyi pernyataan resmi FA.

"Babak ketiga dan Keempat dari kompetisi musim ini akan dimainkan sampai selesai pada hari itu juga, dengan perpanjangan waktu dan penalti jika diperlukan. Laga replay akan kembali digunakan pada babak keempat Piala FA Emirates pada musim 2022/23 dan seterusnya," lanjut pernyataan tersebut.

COVID-19 memang kembali merebak di Inggris. Beberapa kasus positif COVID-19 ditemukan di klub-klub Liga Inggris.

Hal tersebut memaksa beberapa laga Premier League yang harusnya digelar pekan lalu ditunda. Ditiadakannya laga replay Piala FA menjadi keputusan bijak untuk menghindarkan klub dari jadwal padat.

Pada musim lalu, laga replay Piala FA juga ditiadakan dengan alasan serupa. Piala FA 2021/2022 bakal mulai menggelar pertandingan babak ketiga pada 7-10 Januari mendatang.



Simak Video "The Citizens Bikin Keok Fulham di Piala FA"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT