Arsenal Harus Lakukan Ini untuk Dapatkan Vlahovic

ADVERTISEMENT

Arsenal Harus Lakukan Ini untuk Dapatkan Vlahovic

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 08 Jan 2022 15:00 WIB
FLORENCE, ITALY - DECEMBER 19: Dusan Vlahovic of ACF Fiorentina looks on during the Serie A match between ACF Fiorentina and US Sassuolo at Stadio Artemio Franchi on December 19, 2021 in Florence, Italy. (Photo by Alessandro Sabattini/Getty Images)
Vlahovic diburu banyak klub besar saat ini. Foto: Getty Images/Alessandro Sabattini
Jakarta -

Arsenal dikabarkan mengincar Dusan Vlahovic dari Fiorentina. Namun ambisi The Gunners mengejar penyerang Serbia itu dipastikan tak akan mudah.

Dilaporkan The Guardian, Manajer Arsenal Mikel Arteta sedang menginginkan gelandang dan penyerang baru. Khsusus pos lini depan, ada urgensi yang lebih tinggi.

Alexandre Lacazette dan Eddie Nketiah akan habis kontraknya di musim panas nanti, dan sejauh ini belum diperpanjang. Pierre-Emerick Aubamyeang bermasalah dengan kedisiplinan dan sudah sebulan terakhir tak diturunkan. Masa depannya di Arsenal pun diragukan.

Oleh sebab itu, Vlahovic bisa menjadi solusi lini depan Arsenal untuk jangka panjang. Usianya pun baru akan menginjak 22 tahun bulan ini. Arteta tak secara gamblang bilang menginginkannya, namun menjelaskan bahwa The Gunners akan aktif di bursa transfer.

"Saya pikir dengan beberapa pertimbangan, dan juga keinginan kami untuk mengembangkan tim, kami harus memaksimalkan setiap bursa transfer dalam berbagai cara dan kami harus waspada," ujar Arteta.

"Edu (Direktur Olahraga Arsenal) dan timnya sedang bekerja keras, dan itulah yang memang kami perlukan. Apakah kami bisa melakukannya di Januari atau di musim panas nanti, itu persoalan lain karena menyangkut sejumlah hal."

"Jika itu adalah pemain yang tepat dan kami bisa mendapatkannya, dan kami bisa melakukan yang kami inginkan, kami akan mendiskusikannya dan mengambil keputusan yang terbaik. Sikap kami terbuka," jelas pelatih asal Spanyol itu.

Fiorentina kabarnya meminta harga 70 juta Euro untuk siapapun yang menginginkan Vlahovic. Ia harus dijual paling lambat pada musim panas mendatang, sebab kontraknya akan habis pada Juni 2023 dan ia sudah tegas menolak bertahan di Florence.

Namun ada dua hal yang mengganjal Arsenal dalam upaya merekrut Vlahovic. Pertama, saingan dari klub-klub kaya Eropa lainnya. Bukan cuma mereka yang menginginkan tanda tangan pemain kelahiran Belgrade itu.

Kedua, dan yang penting, yakni meyakinkan Vlahovic untuk mau bergabung dengan Arsenal. Hal ini disebabkan prestasi Arsenal yang tak bermain di Liga Champions selama 5 tahun terakhir.

Dalam daftar 10 pencetak gol terbanyak di Eropa sepanjang 2021, Vlahovic merupakan satu-satunya penyerang yang tak bermain di kompetisi antar klub Eropa. Jika harus pindah, ia tentu ingin segera 'naik kelas' dan memilih tim yang main di Liga Champions.

Arsenal diketahui sedang berada di peringkat keempat Liga Inggris saat ini, batas bawah zona Liga Champions. Jika mereka mampu setidaknya bertahan di posisi tersebut hingga akhir musim, mungkin hal itu akan mempermudah mereka merekrut Vlahovic.

Vlahovic sedang menjadi top scorer sementara Liga Italia musim ini. Ia mencetak 16 gol dari 19 pertandingan.

(adp/aff)

ADVERTISEMENT