Pemilik Oxford United Anindya Bakrie Ingin Bangun Stadion Sendiri

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 12 Jan 2022 21:40 WIB
OXFORD, ENGLAND - NOVEMBER 07: General view outside the stadium prior to the Emirates FA Cup First Round match between Oxford United and Bristol Rovers at Kassam Stadium on November 07, 2021 in Oxford, England. (Photo by Alex Burstow/Getty Images)
Oxford United bakal punya stadion baru pada 2026 (Foto: Getty Images/Alex Burstow)
Oxford -

Pengusaha asal Indonesia, Anindya Bakrie, punya misi besar dengan klub Inggris Oxford United FC. Anindya dan para petinggi klub ingin membangun stadion baru.

Oxford United yang kini bermain di League One bermarkas di Kassam stadium sejak tahun 2001. Sayangnya stadion berkapasitas 12.500 penonton itu bukan milik Oxford melainkan hanya menyewa tanah dari pemerintah setempat.

Hak sewa tanah itu akan berakhir 2026. Meski masih tersisa empat tahun, Oxford rupanya sudah punya misi untuk membangun stadion sendiri. Rencananya manajemen akan membangun stadion berkapasitas 18 ribu penonton.

Stadion itu nantinya akan dibangun di kawasan Stratfield Brake, Kidlington. Itu adalah komplek olahraga bagi sejumlah tim olahraga seperti Klub Cricket Kidlington, Tim Rugby Gosford All Blacks, dan tim sepakbola lokal.

Usulan pembangunan stadion baru ini akan dibahas pada pertemuan kabinet Dewan Wilayah Oxfordshire 18 Januari besok.

"Sudah menjadi keinginan kami untuk membangun masa depan klub menjadi lebih baik. Kami berharap pemindahan stadion ini akan mewujudkannya," kata Direktur Pelaksana Oxford United, Niall McWilliams, seperti dikutip BBC Sport.

"Seperti yang selalu kami katakan, proyek ini lebih dari sekadar sepak bola, kami bertekad untuk menjadi bagian dari proyek yang menghadirkan fasilitas olahraga dan komunitas kelas internasional ke Oxfordshire," sambungnya.

Sementara itu, Anindya Bakrie yang sudah tiga tahun memilik Oxford senang dengan rencana klub tersebut. Sebab sejak memiliki klub tiga tahun lalu, Anindya memang ingin membawa Oxford bisa terus naik divisi hingga Premier League. Target terdekat adalah ke Championship dalam dua tahun ke depan.

OXFORD, ENGLAND - NOVEMBER 07: General view outside the stadium prior to the Emirates FA Cup First Round match between Oxford United and Bristol Rovers at Kassam Stadium on November 07, 2021 in Oxford, England. (Photo by Alex Burstow/Getty Images)Anindya Bakrie (paling kanan) sebagai pemilik Oxford United ingin membangun stadion baru Foto: Getty Images/Alex Burstow

Selain membangun stadion, ada juga beberapa fasilitas yang akan didirikan di tanah seluas 18 hektar tersebut seperti lapangan latihan dan olahraga di lokasi Stratfield Brake serta ritel, fasilitas hotel, dan pusat konferensi.

"Kita perlu melakukan perencanaan yang tepat. Kami ingin melibatkan masyarakat, untuk memastikan bahwa ada banyak wilayah komunal. Kami ingin berbicara dengan banyak orang yang telah melakukan ini sebelumnya. Oxford (sebagai kota) memiliki ambisi sendiri untuk menjadi kota bebas karbon sebelum tahun 2050 dan kami harus mendukungnya. Kami berupaya membangun stadion sendiri secepatnya," ujar Anin dalam rilis kepada detikSport.

Sementara itu ketua suporter Oxford, Paul Perros, mendukung rencana petinggi Oxford membangun stadion baru tersebut.

"Ini adalah kesempatan yang baik, tidak hanya untuk klub, tetapi untuk masyarakat lokal. Ini akan menjadi proyek yang jauh lebih besar karena tidak hanya membangun stadion saja, tapi juga memperhatikan kepentingan masyarakat," kata Paul seperti dilansir BBC Radio.

(mrp/aff)