ADVERTISEMENT

Piala Liga Inggris: Depak Tottenham, Chelsea ke Final

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 13 Jan 2022 05:28 WIB
London -

Chelsea bisa melaju ke final Piala Liga Inggris 2021/2022. Itu setelah The Blues sukses menyingkirkan Tottenham Hotspur di semifinal.

Chelsea mengatasi perlawanan Tottenham di semifinal Piala Liga Inggris. Dari dua leg, anak asuh Thomas Tuchel menang agregat 3-0.

Di leg pertama, Chelsea menang 2-0 di Stamford Bridge. Dan pada leg kedua di Tottenham Hotspur Stadium, Kamis (13/1/2022) dini hari WIB, Chelsea menang 1-0.

Di leg kedua, gol Chelsea dicetak Antonio Ruediger. Satu gol itu menyegel tempat Chelsea di final Piala Liga Inggris.

Selanjutnya, Chelsea tinggal menunggu pemenang Liverpool vs Arsenal. Kedua tim belum bertanding sama sekali lantaran sempat diusik kasus virus corona.

Jalannya Pertandingan

Chelsea menekan sejak kick off, kendati sudah unggul 2-0 pada leg pertama. Beberapa peluang didapat Romelu Lukaku dkk.

Di menit ke-11, Lukaku melepaskan shots ke arah gawang Tottenham. Bolanya masih bisa diredam Pierluigi Gollini.

Tottenham bisa keluar dari tekanan. Anak asuh Antonio Conte mulai gantian menebar bahaya ke lini belakang Chelsea. Beberapa percobaan sempat dilakukan Harry Kane dan Lucas Moura, namun arahnya masih melenceng.

Gol! Chelsea bisa memimpin pada menit ke-18. Antonio Ruediger menanduk masuk bola kiriman Masoun Mount, dalam skema sepak pojok. Skor menjadi 1-0.

Tertinggal membuat Tottenham coba menekan. Di menit ke-40, kubu tuan rumah sempat protes meminta penalti, usai Pierre Emile Hoejbjerg dilanggar Malang Sarr.

VAR kemudian membuktikan, Hoejbjerg dilanggar Ruediger di luar kotak penalti. Dan cuma tendangan bebas didapat Tottenham, yang gagal dimaksimalkan pula oleh Giovani Lo Celso. Hingga jeda, skor tak berubah.

Di babak kedua, VAR kembali menjadi drama. Dua kali momen VAR terjadi di lapangan.

Pertama ketika Mateo Kovacic dilanggar Lo Celso pada menit ke-54. VAR memutuskan Tottenham terhindar dari penalti.

Dan yang kedua ketika gol Tottenham dianulir pada menit ke-63. Gol penyama kedudukan yang dicetak Kane dianulir karena offside.

Sementara itu tak banyak peluang emas tercipta di babak kedua. Peluang banyak terlihat jelang laga habis, di mana Tottenham beberapa kali mengancam lewat Kane dan Ryan Sessegnon, yang belum membuahkan hasil. Hingga laga bubar, skor 1-0 tetap bertahan.


Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Gollini, Royal, Tanganga, Davinson, Davies, Doherty (Sessegnon 65'), Lo Celso (Gil 71'), Winks (Skipp 81'), Hoejbjerg, Moura, Kane

Chelsea: Kepa, Ruediger, Sarr, Christensen (Thiago Silva 66'), Hudson-Odoi, Kovacic (Kante 77'), Jorginho (Loftus-Cheek 72'), Azpilicueta, Werner (Alonso 66'), Mount (Ziyech 66'), Lukaku

(yna/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT