Tembok Tebal Itu Bernama Ben White

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 14 Jan 2022 07:00 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - JANUARY 13: Roberto Firmino of Liverpool is challenged by Rob Holding, Ben White and Gabriel of Arsenal during the Carabao Cup Semi Final First Leg match between Liverpool and Arsenal at Anfield on January 13, 2022 in Liverpool, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Ben White (kiri) tampil mantap mematikan penyerang Liverpool (Getty Images/Michael Regan)
Liverpool -

Liverpool gagal mengalahkan Arsenal meski unggul jumlah pemain. Peran Ben White begitu besar dalam meredam The Reds.

Arsenal melawat ke Anfield, Jumat (14/1/2022) dini hari WIB, pada laga leg pertama semifinal Piala Liga Inggris 2021/2022. Ini jadi laga tunda yang seharusnya dihelat pekan lalu, tapi dipindah karena badai corona di skuat Liverpool.

Liverpool menurunkan tim terbaiknya termasuk Alisson Becker, Virgil van Dijk, Diogo Jota, dan Roberto Firmino. Sedari menit awal Liverpool tampil dominan tapi kesulitan menciptakan peluang bersih.

Angin makin mengarah ke tuan rumah setelah Arsenal kehilangan Granit Xhaka di menit ke-26 karena kartu merah, usai melanggar Jota dalam posisi on goal.

Bermain dengan 10 orang, Arsenal berjibaku mengamankan pertahanannya dan sukses meredam Liverpool. Bahkan tuan rumah cuma membuat satu shot on target dari total 17, itu pun di menit akhir.

Skor 0-0 bertahan hingga laga usai dan lini pertahanan Arsenal mendapat pujian. Salah satunya Ben White yang tampil mantap mengawal pertahanan.

Dia membuat lima sapuan, tiga kali blok, tiga kali, tiga intersep, tiga kali memenangi duel udara, dan tidak ada satupun pemain Liverpool yang sukses melewatinya.

White juga bisa meredam barisan penyerang Liverpool yang dikenal lihai memaksimalkan peluang, sekaligus jadi kegagalan pertama mereka mencetak gol di kandang musim ini.

"Bukan start ideal, tapi tim ini mau berupaya keras. Bermain dengan 11 orang saja di sini sulit, jelas kami tampi luar biasa malam ini," ujar Ben White di BBC Sport.

"Anda harus berkonsentrasi sepanjang laga dan kami pantas mendapatkan hasil ini. Senang rasanya menjadi bek dan bisa bertahan seperti itu. Kami percaya diri datang ke sini dan akan mati-matian di laga berikutnya," sambungnya.

(mrp/ran)