Salah-Mane Absen, Liverpool Jangan Cengeng

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 14 Jan 2022 23:30 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - AUGUST 28: Mohamed Salah and Sadio Mane of Liverpool interact  during the Premier League match between Liverpool  and  Chelsea at Anfield on August 28, 2021 in Liverpool, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Sadio Mane dan Mohamed Salah absen, Liverpool mejan (Getty Images/Michael Regan)
Liverpool -

Absennya Mohamed Salah dan Sadio Mane memang mempengaruhi ketajaman Liverpool. Tapi, The Reds tak boleh cengeng karena harus "mandiri" tanpa dua mesin golnya.

Salah dan Mane harus absen setidaknya sampai akhir bulan ini karena tampil di Piala Afrika 2021. Laga kontra Chelsea 2 Januari lalu adalah kali terakhir keduanya membela Liverpool, kebetulan Salah dan Mane bikin gol.

Kehilangan Salah dan Mane awalnya tidak berasa ketika Liverpool mengalahkan Shrewsbury Town 4-1 di babak ketiga Piala FA. Namun, duel kontra Arsenal di leg pertama semifinal Piala Liga Inggris, Jumat (14/1/2022) dini hari WIB membuktikan sebaliknya.

Liverpool yang menurunkan Roberto Firmino, Diogo Jota, dan Takumi Minamino kesulitan membongkar pertahanan Arsenal. Bahkan keunggulan jumlah pemain tidak bisa dimaksimalkan oleh Liverpool sejak menit ke-24

Membuat total 17 attempts, hanya satu yang bisa diarahkan Liverpool ke gawang Arsenal dan harus puas dengan skor 0-0. Ini jadi kegagalan pertama Liverpool bikin gol di partai kandang musim ini.

Wajar jika ada kekhawatiran kalau Liverpool bakal seperti selama Salah dan Mane absen. Jota yang diharapkan bisa jadi mesin gol belum dapat tampil maksimal.

Ujian berat datang lagi untuk lini depan Liverpool saat menjamu Brentford, Minggu (16/1/2022) malam WIB. Bagi manajer Juergen Klopp, itu adalah momen untuk Jota dkk. membuktikan kalau Liverpool bukan hanya Mane dan Salah.

Liverpool harus bisa mencetak banyak gol dan meraih tiga poin demi menjaga persaingan.

"Satu-satunya cara untuk menghindari pertanyaan seperti ini (lini serang mandul) adalah bikin gol," ujar Klopp di ESPN.

"Kondisinya sudah jelas. Mereka adalah pemain kelas dunia dan mereka tidak ada di sini. Apakah kami merindukan mereka? Ya, tapi ini bukan soal siapa pemain yang absen, tapi cara kami bisa tampil lebih baik. Mereka memulai dengan sangat baik, kami merepotkan Arsenal, kami mampu menekan dengan baik, kami membuat banyak peluang, dan muncul kartu merah itu," sambungnya.

"Kami tidak bisa membongkar pertahanan berlapis mereka. Kami tidak bisa memanfaatkan momen itu. Tapi, kami bisa lebih baik dan itulah yang akan kami lakukan."

(mrp/raw)