Arteta Kesal Arsenal Dikritik karena Minta Derby London Utara Ditunda

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Kamis, 20 Jan 2022 16:25 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - DECEMBER 06: Mikel Arteta, Manager of Arsenal applauds the fans following defeat in the Premier League match between Everton and Arsenal at Goodison Park on December 06, 2021 in Liverpool, England. (Photo by Naomi Baker/Getty Images)
Mikel Arteta membalas kritik yang diarahkan kepada Arsenal atas penundaan laga melawan Tottenham Hotspur (Foto: Getty Images/Naomi Baker))
London -

Mikel Arteta menanggapi kritik untuk Arsenal menyusul penundaan laga derby London Utara. Arteta menekankan Arsenal tidak mengada-ada saat meminta laga ditunda.

Arsenal seharusnya menjalani laga tandang Premier League di markas Tottenham Hotspur pada Minggu (16/1/2022) lalu. Namun, pertandingan tersebut akhirnya ditunda.

Arsenal sempat mengajukan penundaan pertandingan pada Jumat (14/1/2022) karena sedang mengalami krisis pemain akibat COVID-19, cedera, dan beberapa pemain membela timnas di Piala Afrika. Permintaan tersebut lantas dikabulkan oleh Premier League setelah Arsenal dinilai tidak bisa memenuhi kriteria punya minimal 13 pemain outfield dan satu kiper.

Hal itu kabarnya membuat Tottenham berang. Mereka menuding Arsenal hanya mengada-ada agar tidak bertanding dengan skuad pas-pasan.

Manajer Tottenham Antonio Conte juga merasa aneh dengan penundaan pertandingan melawan Arsenal. Pria asal Italia itu menyebut ini pertama kalinya dia mengetahui ada pertandingan yang ditunda karena pemain cedera.

Mikel Arteta dengan tegas membela keputusan Arsenal untuk meminta pertandingan melawan Tottenham ditunda. Arteta juga tidak akan pernah meragukan motif lawan jika meminta penundaan pertandingan.

"Kami tidak punya pemain yang dibutuhkan untuk menyusun skuad untuk bertanding di Premier League, itu dijamin 100%," ujar Arteta seperti dilansir Sky Sports.

"Saya tidak tahu apakah saya mengerti. Saya beri tahu apa yang sudah kami lakukan. Jika sebuah tim datang ke kami dan mengatakan, 'kami tidak bisa main dan ini alasannya', dan pertandingan sudah ditunda, kami tidak pernah mempertanyakan secara terbuka, dan kami tidak akan melakukannya."

"Itulah kenapa kita punya Premier League, FA, dan peraturan, untuk mengetahui dan melakukan yang diperlukan untuk menunda pertandingan untuk menjaga keadilan kompetisi," lanjut Arteta.

"Kami tahu kami melakukan hal yang tepat. Saya kira kalau ada perubahan, kami setidaknya sudah sangat jujur."

"Kami akan membela klub kami dengan segala daya dan upaya. Kami tidak akan membiarkan siapa pun merusak nama kami, atau mencoba berbohong soal hal-hal yang belum terjadi. Kalau kami melakukan kesalahan, kami akan mengangkat tangan, tapi kami akan mati-matian membela klub kami," katanya menambahkan.

(nds/adp)