Rangnick: Bruno Fernandes Sempurna di Posisi 'Nomor 8'

Putra Rusdi K - Sepakbola
Jumat, 21 Jan 2022 08:00 WIB
BRENTFORD, ENGLAND - JANUARY 19: Bruno Fernandes of Manchester United during the Premier League match between Brentford and Manchester United at Brentford Community Stadium on January 19, 2022 in Brentford, England. (Photo by Alex Pantling/Getty Images)
Bruno Fernandes tampil apik memainkan peran gelandang 'nomor 8' (Foto: Getty Images/Alex Pantling)
Manchester -

Ralf Rangnick menilai Bruno Fernandes lebih optimal dimainkan di 'nomor 8' ketimbang 'nomor 10'. Hal itu dibuktikan dengan performa apiknya saat jumpa Brentford.

Manchester United berhasil meraih kemenangan 3-1 saat bertandang ke markas Brentford, Brentford Community Stadium, pada lanjutan Liga Inggris, Kamis (20/1/2022) dinihari WIB. Setan Merah mencetak gol lewat Anthony Elenga, Mason Greenwood, dan Marcus Rashford. Tuan rumah hanya bisa membalas dari Ivan Toney.

Meski tak mencetak gol, Bruno Fernandes punya peran sangat besar dalam kemenangan MU di laga ini. Ia mampu menjadi kreator dua gol The Red Devils dengan bikin assist untuk gol dari Greenwood dan Rashford.

Pada laga ini, Fernandes kembali dimainkan manajer MU, Ralf Rangnick di depan dua gelandang bertahan dalam formasi 4-3-2-1. Meski demikian, peran Fernandes lebih mobile tak hanya terpaku di sektor tengah untuk menyokong penyerang. Peran ini selayaknya gelandang 'nomor 8'.

Sebelumnya, pemain asal Portugal ini juga menjalankan peran yang nyaris serupa saat MU ditahan Aston Villa 2-2. Ia mampu bikin dua gol saat melawan The Villains.

Hal yang sebenarnya tak biasa karena Fernandes lebih sering bermain di posisi 'nomor 10' sebagai gelandang serang. Ralf Rangnick menilai bahwa memainkan Fernandes dengan peran pemain 'nomor 8' bisa mengeluarkan potensi terbaik dari gelandang 27 tahun ini.

"Saya pikir untuknya, itu lebih baik daripada di tempatkan di posisi nomor 10 karena dia kemudian dapat membuat dirinya tersedia di berbagai area lapangan, tidak hanya di tengah," ujar Rangnick dikutip dari situs resmi MU.

"Bagi saya, dia bukan pemain sayap, tapi saya pikir di posisi ini, dia bisa menemukan ruang sendiri, dia bisa mengendus momen di area mana kami harus memainkan bola untuknya, dan posisi sebagai nomor 8 ini hampir sempurna. untuknya," jelas manajer asal Jerman ini.

Fernandes memang punya peran sangat besar untuk MU di musim ini. Ia telah bikin tujuh gol dan 11 assist di semua ajang. Mantan gelandang Sporting CP ini bekerja keras mengangkat MU yang kini berada di peringkat ketujuh Liga Inggris dengan 35 poin.



Simak Video "Gol Marcos Alonso Jadi Penyelamat Chelsea dari Kekalahan "
[Gambas:Video 20detik]
(pur/ran)