Cannavaro Ramaikan Persaingan Jadi Manajer Everton

Putra Rusdi K - Sepakbola
Jumat, 21 Jan 2022 09:05 WIB
TIANJIN, CHINA - MAY 08: Head coach Fabio Cannavaro of Guangzhou Evergrande gestures during the AFC Champions League Round of 16 first leg match between Tianjin Quanjian and Guangzhou Evergrande at the Tianjin Olympic Center Stadium on May 8, 2018 in Tianjin, China.  (Photo by Lintao Zhang/Getty Images)
Fabio Cannavaro jadi kandidat manajer Everton (Foto: Getty Images/Lintao Zhang)
Merseyside -

Fabio Cannavaro meramaikan persaingan menjadi manajer Everton. Selain Cannavaro, Wayne Rooney dan Frank Lampard juga disebut jadi kandidat manajer The Toffees.

Cannavaro menurut laporan dari Daily Mail telah menjalani wawancara untuk menjadi manajer Everton. Tim asal Merseyside ini tengah mencari manajer baru usai memecat Rafael Benitez.

Benitez terdepak dari posisi juru taktik akibat rentetan hasil buruk yang dialami Richarlison dkk. Tim asal Merseyside hanya menang dua kali dalam 14 laga terakhir. Mereka terpuruk di peringkat ke-16 dengan 19 poin.

Cannavaro tak punya pengalaman menangani klub di Eropa. CV-nya sebagai pelatih diisi dengan menukangi tim-tim di Asia.

Cannavaro yang gantung sepatu pada 2011 memulai karier sebagai pelatih kepala di klub raksasa Liga China, Guangzhou FC, pada 2014 Semusim berselang, ia lalu melatih tim Arab Saudi, Al Nassr.

Pria asal Italia tersebut setelahnya balik ke China untuk membesut Tianjin Quanjian lalu Guangzhou FC. Di periode keduanya di Guangzou, Cannavaro juga sempat rangkap jabatan sebagai pelatih timnas China. Pemilik satu gelar Ballon d'Or ini menganggur sejak September tahun lalu setelah meninggalkan Guangzhou.

Dalam petualangannya di Asia sebagai pelatih, Cannavaro berhasil meraih gelar China League One 2016 dengan Tianjin dan gelar Chinese Super League dan Chinese FA Super Cup kala membesut Guangzhou.

Munculnya nama Cannavaro meramaikan persaingan untuk menjadi manajer Everton. Wayne Rooney dan Frank Lampard sebelumnya juga dikabarkan dibidik Everton untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Benitez.

Kedua mantan pemain timnas Inggris ini dilaporkan sudah melakoni wawancara dengan pihak Everton lebih dulu. Secara pengalaman melatih tim Inggris, Rooney dan Lampard jelas lebih baik dari Cannavaro.

Rooney saat ini berstatus sebagai manajer tim Divisi Championship, Derby County. Sementara, Lampard juga pernah melatih Derby dan kemudian menjadi manajer Chelsea, tapi dipecat musim lalu.

(pur/ran)