ADVERTISEMENT

Arsenal di 2022: 3 Kartu Merah, 1 Gol

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Jumat, 21 Jan 2022 12:45 WIB
Referee Martin Atkinson shows the red card to Arsenals Thomas Partey during the English League Cup semifinal second leg soccer match between Arsenal and Liverpool at the Emirates Stadium in London, Thursday, Jan. 20, 2022. (AP Photo/Matt Dunham)
Thomas Partey mendapat kartu merah saat Arsenal dikalahkan Liverpool di semifinal Piala Liga Inggris (Foto: AP/Matt Dunham)
London -

Arsenal lagi-lagi menuntaskan laga dengan jumlah pemain yang tidak lengkap karena kartu merah. Jumlah kartu merah Arsenal di 2022 bahkan lebih banyak daripada golnya.

Arsenal terhenti di semifinal Piala Liga Inggris setelah dikalahkan Liverpool. Dalam pertandingan leg kedua di Emirates Stadium, Jumat (21/1/2022) dini hari WIB, The Gunners kalah 0-2.

Arsenal mengakhiri pertandingan tersebut dengan 10 pemain. Thomas Partey mendapat kartu merah usai mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-90.

Itu berarti Arsenal sudah mendapat tiga kartu merah dalam empat pertandingan yang mereka mainkan sejak awal tahun 2022. Dua kartu merah sebelumnya didapat Arsenal di laga melawan Manchester City dan Liverpool.

Gabriel diusir wasit dalam pertandingan melawan City di Premier League. Granit Xhaka kemudian dapat kartu merah di leg pertama semifinal Piala Liga Inggris melawan Liverpool.

LONDON, ENGLAND - JANUARY 01: Gabriel Magalhaes of Arsenal is shown a second yellow card leading to a red card by Referee, Stuart Attwell for a foul on Gabriel Jesus of Manchester City during the Premier League match between Arsenal and Manchester City at Emirates Stadium on January 01, 2022 in London, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)Bek Arsenal Gabriel mendapat kartu merah di laga melawan Manchester City pada 1 Januari 2022 (Foto: Getty Images/Catherine Ivill)

Catatan itu jadi ironis karena jumlah kartu merah Arsenal di tahun 2022 justru lebih banyak daripada gol yang dihasilkan. Arsenal baru mencetak satu gol di 2022 yakni lewat Bukayo Saka saat kalah 1-2 dari City.

"Ini adalah kehilangan besar dan kami harus belajar dari itu. Kami sudah memainkan tiga pertandingan terakhir dengan 10 orang dan Anda tidak boleh melakukan itu ketika melawan tim top karena kami benar-benar terekspos," ujar manajer Arsenal Mikel Arteta seperti dikutip situs resmi klub.

"Mengalahkan mereka saja sudah cukup sulit, apalagi dengan 10 orang, itu jadi tantangan berat. Kami tidak bisa tanpanya mengingat pemain-pemain kami absen."

Ini menambah panjang daftar kartu merah yang didapat pemain Arsenal dalam dua tahun terakhir. Selama ditangani Mikel Arteta, Arsenal sudah mendapat total 14 kartu merah.

"Kami harus menghilangkan kebiasaan ini sepenuhnya. Kami ingin kompetitif, kami ingin menang, dan melewati rangkaian pertandingan yang bagus lagi, kami harus tetap dengan 11 pemain," kata Arteta.

(nds/krs)

ADVERTISEMENT