MU Vs West Ham: Ini Sebab Asisst Cavani untuk Rashford Dinyatakan Sah

Adhi Prasetya - Sepakbola
Minggu, 23 Jan 2022 10:40 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - JANUARY 22: Marcus Rashford of Manchester United scores their teams first goal during the Premier League match between Manchester United and West Ham United at Old Trafford on January 22, 2022 in Manchester, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Rashford mencetak gol usai menerima umpan dari Cavani. Foto: Getty Images/Laurence Griffiths
Manchester -

Gol kemenangan Manchester United atas West Ham United dituding tidak sah karena Edinson Cavani yang memberi assist dianggap sudah offside. Benarkah demikian?

Di Old Trafford, Sabtu (22/1/2022), MU menang 1-0 atas West Ham berkat gol Marcus Rashford di pengujung laga. Gol tersebut tercipta berkat kerja sama apik antara Cristiano Ronaldo, Anthony Martial, Cavani, dan Rashford sendiri.

Namun ada yang menganggap Cavani sudah offside saat Martial tepat akan memberi umpan kepadanya. Posisi tangannya 'menjorok' melebihi kaki Aaron Cresswell yang menjadi pemain 'kedua paling belakang'. Sehingga assist yang ia berikan kepada Rashford tidak sah.

Apakah memang seperti itu? Mari kita lihat aturan offside menurut Asosiasi Sepakbola Inggris (FA).

Berdasarkan aturan 11 mengenai offside, ada pernyataan yang berbunyi 'tangan dan lengan seluruh pemain, termasuk kiper, tidak masuk hitungan. Untuk menentukan offside, batas atas lengan sejajar dengan bagian bawah ketiak'.

Melihat tangkapan layar BBC, lengan atas Cavani belum melewati garis biru, di mana kaki Cresswell menempel di sana. Tangannya memang sudah lewat, tapi menurut aturan FA, hal itu tidak dipertimbangkan. Lengan atas Cavani masih berada di garis hijau, yang artinya tidak offside.

Manchester UnitedCavani (paling bawah) tidak berada di posisi offside saat hendak menerima umpan Martial. Foto: Dok. Premier League, BBC

Dengan begitu, assist Cavani kepada Rashford pun menjadi sah, begitu pula dengan golnya. Dan tak ada pelanggaran apapun dalam proses serangan balik tersebut. Wasit Jonathan Moss sudah tepat mengambil keputusan.

Berkat kemenangan ini, MU kini ada di urutan 4 klasemen sementara dengan 38 poin.

Simak Video 'Main di Kandang, MU Cuma Menang 1-0':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/mrp)