The Reds Ternyata Baik-baik Saja Tanpa Salah-Mane

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 26 Jan 2022 07:50 WIB
LONDON, ENGLAND - JANUARY 23: Fabinho of Liverpool celebrates with Jordan Henderson, Diogo Jota, Takumi Minamino and Roberto Firmino after scoring from the spot during the Premier League match between Crystal Palace  and  Liverpool at Selhurst Park on January 23, 2022 in London, England. (Photo by Mike Hewitt/Getty Images)
Liverpool ternyata baik-baik saja tanpa kehadiran Sadio Mane-Mohamed Salah (Getty Images/Mike Hewitt)
Liverpool -

Liverpool menyudahi Januari tanpa terkalahkan. Ini jadi bukti The Reds bisa tetap melaju kencang tanpa dua bombernya, Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Liverpool mengalahkan Crystal Palace 3-1 pada lanjutan Liga Inggris di Selhurts Park, Minggu (23/1/2022) malam WIB kemarin. Tiga poin di partai pamungkas bulan Januari menempatkan Liverpool di posisi kedua klasemen dengan selisih sembilan poin dari Manchester City di puncak.

Dengan masih menyimpan satu pertandingan sisa, maka Liverpool bisa saja memangkas jarak menjadi enam poin dalam waktu dekat. Hasil yang begitu memuaskan Juergen Klopp selaku manajer.

Sebab, Liverpool bisa melalui bulan Januari yang padat dan berat dengan baik. Total Liverpool melalui enam pertandingan di seluruh kompetisi dengan empat kemenangan dan dua imbang.

Ada total 14 gol dan cuma kebobolan empat gol yang sejatinya biasa-biasa saja buat tim sebesar Liverpool. Tapi, melihat si Merah tampil tanpa Salah, Mane, dan Naby Keita yang tampil di Piala Afrika, ini pencapaian yang terbilang oke.

Belum lagi, Liverpool juga direpotkan oleh beberapa kasus COVID-19 dan cedera, yang sempat membuat laga kontra Arsenal di leg pertama semifinal Piala Liga Inggris tertunda. Liverpool sempat diramalkan akan kesulitan karena Salah dan Mane menyumbang total 33 gol sejauh ini.

Diogo Jota dan Roberto Firmino ternyata mampu menggantikan tugas kedua rekannya itu dengan baik. Bahkan Fabinho tiba-tiba jadi tajam dengan torehan empat gol sepanjang bulan ini.

"Anda benar bahwa kami tampil bagus tanpa mereka, tapi absennya mereka membuat laga berjalan lebih sulit. Anda harus punya gaya bermain baru karena Anda tidak punya kecepatan di sayap, seperti yang dipunya Sadio dan Mo. Anda harus mengubah permainan secepatnya agar kami bisa menyerang dengan baik," ujar Klopp di situs resmi klub.

"Para pemain tampil bagus. Ox kembali bikin gol, bagus lagi. Diogo yang tak kenal menyerah, etos kerja Bobby begitu luar biasa. Para pemain tancap gas dan saya puas dengan itu," sambungnya.

Liverpool libur dua pekan dulu sebelum menghadapi Cardiff City di babak keempat Piala FA 6 Februari.

(mrp/yna)