ADVERTISEMENT

Klopp: Selamat Buat Mane, Silakan Berpesta Dulu

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 09 Feb 2022 07:30 WIB
Senegals Kalidou Koulibaly, left, and teammates Adrissa Gana Gueye and Sadio Mane celebrate after winning the African Cup of Nations 2022 final soccer match against Egypt at the Ahmadou Ahidjo stadium in Yaounde, Cameroon, Sunday, Feb. 6, 2022. (AP Photo/Themba Hadebe)
Sadio Mane (kanan) diizinkan balik telat ke Liverpool (AP/Themba Hadebe)
Liverpool -

Juergen Klopp tak mau buru-buru meminta Sadio Mane kembali ke Liverpool. Mane diminta merayakan trofi juara Piala Afrika sepuasnya bersama Timnas Senegal.

Mane akhirnya mampu membawa Senegal menjadi jawara Benua Hitam setelah mengalahkan Mesir, Senin (7/2/2022) dini hari WIB lalu, lewat kemenangan adu penalti 4-2. Kedua tim berimbang tanpa gol sepanjang 120 menit.

Ini seakan membayar lunas kekecewaan Mane dan Senegal saat kalah dari Aljazair pada final Piala Afrika 2019, sekaligus trofi pertama untuk Singa Teranga dari tiga kali kesempatan masuk final. Final pertamanya pada 2002 juga berakhir kekalahan.

Setelah keberhasilan menjuarai Piala Afrika, Senegal disambut bak pahlawan di negaranya. Mane dkk. diarak menggunakan bus terbuka di sepanjang jalan di kota Daka, ibukota Senegal dan dikerubungi puluhan ribu masyarakat.

Senegal juga sudah bertemu Presiden Macky Sall di Istana Kepresidenan, Selasa (8/2), yang juga turut menjadikan hari Senin kemarin sebagai Hari Libur Nasional di negara itu. Pesta besar Mane dan Senegal ini membuat Klopp selaku manajer Liverpool senang.

Sebab, perjuangan Mane berakhir bahagia dan dia tak ingin merusak pesta besar Senegal. Oleh karenanya, Mane diberikan dispensasi untuk berada di Senegal lebih lama dan dipastikan absen saat Liverpool menghadapi Leicester City di Anfield, Jumat (11/2/2022) dini hari WIB besok.

Mane kemungkinan baru bisa diturunkan saat Liverpool bertemu Burnley, Minggu (13/2) malam WIB. Klopp juga ingin Mane bisa mengembalikan kondisi fisiknya agar siap menghadapi jadwal padat sepanjang Februari, termasuk leg pertama 16 besar Liga Champions kontra Inter Milan dan final Piala Liga inggris.

Berbeda dengan Sadio Mane, Mohamed Salah yang gagal membawa Mesir juara, malah langsung ke balik ke Liverpool dan sudah ikut berlatih untuk persiapan laga lawan Leicester City.

"Sadio kemungkinan baru bisa terbang pada Rabu malam dan itu artinya tiba hari Kamis. Tentu saja dia tidak bisa bermain melawan Leicester," ujar Juergen Klopp seperti dilansir Liverpool Echo.

"Kemenangan di Piala Afrika 2021 berarti besar untuknya, rakyat di sana, untuk Senegal, dan kami sangat menghormati itu. Kami tidak akan memintanya buru-buru kembali dari sana atau dari manapun - biarkan mereka berpesta dulu saat ini karena mereka pantas mendapatkannya," sambungnya.

"Mereka baru saja melalui periode yang begitu intens. Jadi kami akan bicara saat dia tiba di sana dan kita lihat apakah dia bisa bermain."

(mrp/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT