ADVERTISEMENT

Ini Cara Suporter Siksa Kurt Zouma yang Habis Viral Aniaya Kucing

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 09 Feb 2022 15:30 WIB
West Hams Kurt Zouma, right, sits on the ground after a challenge during an English Premier League soccer match between West Ham United and Watford at the London stadium in London, Tuesday, Feb. 8, 2022. (AP Photo/David Cliff)
Kurt Zouma saat laga West Ham vs Watford. Foto: AP/David Cliff
Jakarta -

Kemenangan West Ham United atas Watford acapkali memunculkan koor cemoohan kencang dari suporter di stadion. Suara itu sepenuhnya tertuju ke arah Kurt Zouma.

Seperti diketahui, Zouma sedang dalam sorotan tajam menyusul video viralnya yang menyiksa kucing peliharaan sendiri. Pesepakbola 27 tahun itu divideokan menampar dan menendang satwa malang tersebut.

Tak cuma Kurt Zouma yang menuai kecaman. Yoan, saudaranya, juga dapat porsi kritikan karena dilaporkan menjadi sosok yang memvideokan seluruh kejadian itu dan terdengar tertawa-tawa menyaksikan adegan penyiksaan si hewan.

Salah satu yang langsung mengecam tindakan Kurt Zouma itu adalah RSPCA selaku badan nirlaba perlindungan hewan di Inggris. Pada prosesnya, West Ham juga sudah mengeluarkan pernyataan resmi.

"West Ham United mengutuk tindakan Kurt Zouma dalam video yang beredar," bunyi pernyataan The Hammers, dikutip Sky Sports.

"Kami sudah bicara dengan Kurt dan akan menangani masalah ini secara internal, tetapi kami tegaskan kami sama sekali tidak memaafkan kekejaman terhadap hewan," jelas pernyataan itu.

Di tengah sorotan tersebut, David Moyes selaku manajer West Ham rupanya tetap memilih untuk memainkan bek 27 tahun itu dalam laga menjamu Watford.

Dilaporkan SportBible, suporter di London Stadium pun tidak membuang kesempatan tersebut untuk balas menyiksa Kurt Zouma. Saat pemanasan, suara-suara boo ke arah Zouma mulai terdengar. Sepanjang laga, suara cemoohan yang makin kencang rutin terdengar ketika Zouma menguasai bola.


Lantas apa alasan Moyes tetap memainkan Kurt Zouma, bahkan secara penuh, di laga tersebut?

Manajer the Hammers tersebut mengaku amat kecewa dengan tindakan Kurt Zouma mengianaya kucing. Apalagi Moyes menyebut dirinya sebagai penyayang hewan.

Di sisi lain, Moyes tetap melakukan pemilihan pemain dengan orientasi meraih hasil maksimal di lapangan. Termasuk dengan memainkan Zouma.

"Aku amat kecewa dan di balik layar klub saat ini juga sudah melakukan semua hal yang diperlukan. Tugasku adalah memilih tim terbaik dan Kurt adalah bagian dari hal tersebut," ucap Moyes di talkSPORT.

"Aku ini sangat sayang hewan dan kejadian macam itu akan punya pengaruh besar terhadap banyak orang. Aku sepenuhnya kecewa dengan apa yang sudah aku lihat dan dari informasi yang aku dapat (soal video Zouma siksa kucing), tapi tugasku adalah berusaha membuat West Ham menang."

"Sejumlah orang akan kecewa (dengan keputusan memainkan Zouma) dan aku bisa memahaminya. Aku pun sangat peduli pada kucing-kucing dan kuda-kuda yang aku pelihara," tuturnya.

(krs/raw)

ADVERTISEMENT